Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Mar 2020 09:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kenapa Danau Tarusan Kamang Bisa Berubah Jadi Padang Rumput?

Niken Widya Yunita
detikTravel
Danau Tarusan Kamang di Agam, Sumbar
Foto: Elvina Diah Siregar/d'Traveler/Kenapa Danau Tarusan Kamang Bisa Berubah Jadi Padang Rumput?
Jakarta -

Danau Tarusan Kamang merupakan tempat wisata menarik yang ada di Sumatera Barat. Lokasinya di Jorong Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Danau ini sangat ajaib. Karena suatu waktu dapat dipenuhi air. Di lain waktu danau dapat surut dan menjadi lapangan hijau yang luas, seperti padang rumput. Beberapa warga memakai tempat ini untuk menggembalakan ternak jika danau berubah menjadi padang rumput.

Saat menjadi danau, masyarakat memanfaatkannya untuk rekreasi, berenang, atau mencari ikan. Bahkan kamu dapat berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Kamu juga bisa berfoto di tempat yang Instagramable di sekitar Danau Tarusan Kamang.

Lalu mengapa Danau Tarusan Kamang bisa ajaib seperti itu? Beberapa peneliti mengatakan bahwa fenomena ini terjadi karena adanya hubungan sungai bawah tanah yang menyebabkan air dapat datang dan menghilang.

Sebagai danau karst, ketika air tanah naik, maka lorong-lorong di bawah bukit batu gamping akan menyemburkan air dan menutupi padang rumput. Karena itu tampaklah Danau Tarusan Kamang yang luas. Sebaliknya, ketika air sungai bawah tanah turun, air tersedot hingga hanya tampak padang rumput.

Namun tidak ada waktu pasti, kapan danau akan surut dan berapa lama danau akan kering. Danau Tarusan Kamang terkadang bisa kering selama satu tahun lalu air baru muncul lagi beberapa bulan lagi.

Sementara itu, batu kapur yang ada di Danau Tarusan Kamang diprediksi berusia sekitar ratusan abad. Sedangkan danau ini diperkirakan sudah ada sejak sekitar 70 ribu tahun lalu.

Selain Danau Tarusan Kamang, banyak gua aktif di bawah bukit karst atau batu gamping, sungai bawah tanah, dan danau bawah tanah. Kalau kamu suka wisata gua, tempat ini sangat menarik karena guanya masih aktif.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA