Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Mar 2020 23:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Selain Umbul Ponggok, Klaten Juga Punya Kali Pusur

Achmad Syauqi
detikTravel
River Moon Kali Pusur Outbound dan Camping
River tubing di Kali Pusur Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Pariwisata Klaten selama ini memang terkenal dari destinasi Umbul Ponggok. Namun ada potensi lainnya, yakni river tubing di Kali Pusur.

River Moon Kali Pusur Outbound dan Camping nama lengkapnya. Wisatawan bisa melakukan river tubing ria sambil outbound atau kemping untuk menguji adrenalin.

Wahana wisata yang dirintis 2016 itu menyajikan suasana alam khas pedesaan. Berjarak 20 kilometer dari pusat Kota Klaten, arahkan kendaraan Anda ke arah utara menyusuri jalan Klaten-Karanganom lalu ke jalan Karanganom-Janti hingga menemui Desa Karanglo.

Dari Kota Solo, wisatawan bisa mengambil Jalan Yogya-Solo disambung Jalan Delanggu-Polanharjo melintasi persawahan padi sampai di Desa Karanglo. Tepat di Jembatan Sungai Pusur, wahana River Moon Kali Pusur pun sudah terlihat.

Wahana River Moon Kali Pusur menempati lahan 3 hektar dan berada persis di tepi sungai. Saat masuk wahana itu, pengunjung disuguhi beberapa petak lahan sawah padi yang asri dengan jalur pejalan kaki di tengahnya.

Sampai di tepi sungai, belasan bungalo berbahan kayu dan rumbai daun kering terlihat dari tebing sungai. Saat turun ke sungai, air jernih dan bebatuan andesit yang menonjol dengan berbagai ukuran akan menyambut mata wisatawan.

Aliran air River Moon Kali Pusur berasal dari mata air bawah tanah Umbul Ingas di Dusun Cokro, Desa Daleman, Kecamatan Tulung. Debit air sekitar 1500 meter per detik dari mata air itu menjadikan arus hulu Sungai Pusur deras tapi konstan di setiap musim.

Persiapan river tubing di Kali Pusur Klaten Persiapan river tubing di Kali Pusur Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Berada di lanskap sungai dengan kemiringan sedang dan hiasan bebatuan tumpul menjadikan tantangan tersendiri bagi pemacu adrenalin tubing pemula, termasuk anak dan orang tua. Airnya cenderung jernih meski di musim hujan dan tak membuat khawatir bagi yang menjajal river tubing.

Pengelola wahana menyediakan dua kelas river tubing. Jarak pendek hanya sekitar 300 meter dan jarak jauh yakni 2 kilometer yang memiliki rute hingga ke Desa Polanharjo.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tubing Kali Pusur untuk Pencinta Uji Adrenalin"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA