Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mar 2020 08:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

Rosmha Widiyani
detikTravel
Pantai di Malang
23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable (Muhammad Aminudin/detikTravel)/
Jakarta -

Kota Malang, Jawa Timur, memiliki beragam destinasi wisata. detikTravel merangkum 23 tempat wisata di kota apel itu.

Malang memiliki hawa sejuk. Sudah begitu, di sanalah gunung tertinggi di Jawa, Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl, berada.

Selain itu, Malang sangat memikat dengan spot wisatanya yang beragam. Juga wisata kuliner yang relatif murah dan serbaenak.

Jadi, buat traveler yang berkunjung ke kawasan ini, nggak perlu khawatir minim stok foto dan story untuk 'memberi makan' feed Instagram.

Berikut 25 destinasi wisata di Malang, Jawa Timur, yang Instagramable plus harga tiket masuknya

1. Kampung Warna-Warni Jodipan

Rumah-rumah di Kampung Jodipan ramai dengan sapuan cat beraneka warna. Adalah mahasiswa Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai Nabila Firdausiyah yang mewujudkan kampung tersebut menjadi kampung warna-warni.

Kampung warna-warni JodipanKampung warna-warni Jodipan Foto: (A Endin Yoga Pradana/d'Traveler)

Awalnya, Nabila dkk mendapatkan tugas praktikum Public Relations 2 dari dosen kemudian mereka membentuk Guys Pro dan memilih kampung Jodipan yang kumuh sebagai lokasi sasaran. Setelah diresmikan pada 4 September 2016, kampung itu menjadi populer dan diminati wisatawan asing dan lokal.

Untuk mengunjungi Kampung Jodipan, traveler hanya perlu merogoh kocek Rp 3.000. Tiket berlaku sehari penuh, yang bisa keluar masuk tanpa perlu membayar lagi. Destinasi wisata yang buka pukul 07.00 hingga 18.00 itu juga menyediakan parkir motor dengan ongkos Rp 5.000.

2. Kampung Biru Arema, Malang

Berkunjung ke Kampung Biru Arema, rasanya seperti berada di Santorini atau blue city di Yunani atau Chefchaouen di Maroko. Sesuai namanya, kampung Kampung Biru Arema memang terinspirasi dari klub sepak bola kebanggaan warga Malang yaitu Arema FC.

Kampung Biru AremaKampung Biru Arema Foto: Muhammad Aminudin

Di sini pengunjung juga bisa tahu sejarah Arema FC lewat berbagai tampilan logo dan tulisan klub. Tiket masuk Kampung Biru, yang terletak tidak jauh dari Kampung Warna-Warni Jodipan, adalah Rp 3.000. Bagi pengunjung yang bawa motor, bisa memarkirkan kendaraannya dengan membayar Rp 2.000.

3. Kampung Tridi atau 3D

Destinasi wisata di Kampung Tridi atau 3D menonjolkan spot-spot yang tidak hanya bisa dilihat, namun juga disentuh para pengunjung. Spot tersebut tentunya unik dan penuh aneka warna, sehingga cocok untuk swafoto dan Instagramable.

Beberapa spot foto tersebut adalah sayap, gelas terbalik, aliran sungai, hingga kedua telapak tangan yang menempel di bagian pangkal. Lokasi Kampung Tridi dan Warna-Warni Jodipan dihubungkan jembatan kaca yang bisa dinikmati pengunjung. Untuk bisa masuk Kampung Tridi, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

4. Alun-alun kota Malang

Lokasi alun-alun terletak tepat di pusat Kota Malang yang merupakan tempat berkumpulnya para warga. Alun-alun menyediakan banyak tempat duduk, yang memungkinkan pengunjung bersantai sambil menikmati Kota Malang yang ramai.

Fasilitas lain adalah air mancur dan arena bermain anak. Alun-alun tidak lengkap tanpa kehadiran penjual makanan jalanan atau street food, yang juga terdapat di Kota Malang. Beberapa makanan yang tersedia adalah bakso, soto, dan es kelapa muda. Pengunjung yang ingin menikmati Alun-alun Kota Malang tak perlu membayar tiket masuk.

5. Taman Trunojoyo

Sama seperti alun-alun, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk alias gratis jika ingin menikmati Taman Trunojoyo. Lokasi taman berada tepat di seberang Stasiun Kota Malang yang ditandai adanya patung singa.

Taman Trunojoyo dipenuhi pohon rindang, cocok bagi yang ingin melepas lelah sambil bersantai dengan keluarga. Fasilitas lain yang tersedia adalah air mancur dan wahana bermain untuk anak. Tentunya tidak ketinggalan penjual street food yang menyediakan aneka minum dan makanan kecil atau snack.

6. Taman Balai Kota Malang

Area Taman Balai Kota Malang terletak tepat di pusat pemerintahan Kota Malang. Taman ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Balai Kota Malang sekitar lima menit.

Taman dilengkapi kolam teratai dengan Tugu Balai Kota tepat berada di tengahnya. Di taman ini juga ada lampu berbentuk unik dan taman bunga. Tanpa harus bayar tiket masuk, pengunjung bisa santai makan bekal, swafoto, atau sekadar santai bersama teman dan keluarga.

7. Hawai Waterpark

Tempat wisata keluarga di Hawai Waterpark ini menyediakan fasilitas liburan bernuansa air yang seru dan menyegarkan. Hawai Waterpark buka setiap hari pada pukul 09.00-16.30. Untuk tiket masuk, pengunjung bisa membayar Rp 75.000 saat hari biasa dan Rp 110.000 pada akhir pekan.

Arena liburan Hawai Waterpark berada di Jl Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari. Pengunjung bisa mengaksesnya dengan kendaraan umum atau pribadi sesuai kebutuhan.

8. Malang Night Paradise

Berada di kawasan yang sama dengan Hawai Waterpark, pengunjung bisa menikmati Malang Night Paradise yang punya berbagai wahana. Lokasi wisata bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 10 menit dari Terminal Arjosari, Malang.

Malang Night Paradise menyediakan pesona lampu warna-warni yang disusun dengan berbagai bentuk yang menarik perhatian. Arena wisata ini buka pukul 18.00-23.00 dengan harga tiket masuk Rp 50.000 untuk Senin-Kamis dan Rp 65.000 pada Jumat-Minggu.

9. Kebun Teh Wonosari

Hawa sejuk menjadi daya tarik utama Kebun Teh Wonosari, atau yang kadang disebut Kebun Teh Lawang. Di sini ada Jembatan Kayu yang cocok jadi spot foto dan sangat Instagramable.

Kebun Teh Wonosari bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk Rp 20.000 di akhir pekan dan 15.000 untuk hari biasa. Kebun Teh Wonosari bisa diakses dengan kendaraan umum atau pribadi sesuai kebutuhan pengunjung.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pacu Adrenalin Sepeda Downhill Bukit Songgoriti Batu"
[Gambas:Video 20detik]

BERITA TERKAIT
BACA JUGA