Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Jun 2020 07:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Buat Ide Traveling Saat New Normal

Rosmha Widiyani
detikTravel
Air Terjun Sipiso-piso
Foto: (Melati Raya Sihotang/d'traveler)/10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Buat Ide Traveling Saat New Normal
Jakarta -

Objek wisata air memang selalu menarik perhatian, mulai dari aliran sungai hingga air terjun. Air yang bening, suasana sejuk, dan keindahan alam sekitar mengakibatkan objek wisata air tak pernah sepi pengunjung.

Beberapa waktu lalu sempat viral Cihonje Water Park di Sumedang, Jawa Barat. Selain Cihonje, Indonesia punya 10 air terjun tertinggi yang bisa jadi ide traveling saat new normal.

Tentunya saat traveling jangan lupa menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Perhatikan juga protokol di tempat tujuan supaya selalu sehat dan selamat.

Berikut 10 air terjun tertinggi di Indonesia:

1. Air Terjun Sigura-gura

Dikutip dari situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Air Terjun Sigura gura memiliki ketinggian 250 meter. Obyek wisata air terjun ini terletak sekitar 250 kilometer dari Medan, Sumatera Utara, dengan air bersumber dari Danau Toba.

2. Air Terjun Madakaripura

Air terjun setinggi 200 meter ini terletak di wilayah Lumbang, Probolinggo, Jawa Tengah. Madakaripura Waterfall merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun Madakaripura diyakini sebagai tempat Patih Gadjah Mada bertapa sebelum mengabdi di Majapahit.

3. Air Terjun Payakumbuh Harau

Sesuai namanya, air terjun setinggi 150 meter ini terletak di Ngarai, Sumatera Barat. Berlokasi sekitar 35 kilometer dari Bukittinggi, air terjun terletak di antara bukit dan lembah. Air terjun makin mempesona dengan aneka kupu-kupu yang terbang di sekitar Payakumbuh Harau.

4. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso setinggi 120 meter ini terletak di dataran tinggi Sumatera Utara, tepatnya berlokasi sekitar 25 kilometer dari wilayah Kabanjahe. Diberi nama Sipiso-piso karena bentuk air yang jatuh ke bawah mirip hujaman pisau.

5. Air Terjun Jarakan

Lokasi Air Terjun Jarakan berada di Desa Ngancar, Plaosan, Jawa Timur dengan tinggi sekitar 115 meter. Air terjun dan wilayah sekitarnya telah dikembangkan Pemerintah Kabupaten Magetan sebagai daya tarik untuk para wisatawan.

6. Air Terjun Sedudo

Dengan tinggi sekitar 105 meter, Air Terjun Sedudo yang terletak di Jawa Timur menarik perhatian para wisatawan. Berlokasi di Ngliman, Sawahan, sekitar 30 kilometer dari Nganjuk, Jawa Timur, air terjun ini juga menjadi tempat pelaksanaan upacara tradisional daerah setempat.

7. Air Terjun Citambur

Air Terjun Citambur berlokasi di Desa Karang Jaya, Pagelaran, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Citambur yang bertinggi 100 meter ini dikelilingi hutan dan pemandangan alami lain yang menarik perhatian wisatawan.

8. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo yang berada di Suaka Alam Tanjung Peropa wilayah Desa Sumber Sari, Sulawesi Tenggara. Dengan tinggi sekitar 100 meter, Moramo adalah air terjun bertingkat-tingkat dengan aliran air menuju pada 7 tingkat utama. Air Terjun Moramo berada di daerah batuan kapur sehingga lumut tak bisa tumbuh dan tingkatannya tidak licin.

9. Air Terjun Curup Tenang

Dengan tinggi sekitar 99 meter, Curup Tenang adalah air terjung paling tinggi di Sumatera Selatan. Terletak di Desa Bedegung, Tanjung Agung, Air Terjun Curup Tenang berlokasi sekitar 56 kilometer dari Muara Enim.

10. Air Terjun Curug Cipendok

Curug Cipendok dengan tinggi 92 meter berlokasi di Karang Tengah, Cilongok, sekitar 15 kilometer dari Purwokerto. Air terjun berada di kaki Gunung Slamet yang dikelilingi pemandangan alam dan suasana sejuk.



Simak Video "Air Terjun Madakaripura, Tempat Pertapa Patih Gajah Mada"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA