Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Jun 2020 09:53 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bakmi Jowo Mbah Gito, Santapan Lezat dari Yogyakarta

Gema Bayu Samudra
detikTravel
Bakmi Jowo Mbah Gito
Foto: (Gema Bayu/d'travelers)
DIY -

Daerah Istiwewa Yogyakarta memiliki hidangan makanan dan minuman menarik untuk dicicipi. Kelezatan kulinernya mempunyai ciri khas sendiri yang dapat memanjakan lidah.

Yogyakarta tak melulu tentang gudeg, tapi sajian olahan mienya juga tak kalah populer. Sajian bakmi jawa sebenarnya sudah menjamur di jalan-jalan, tapi buat kamu yang bingung pilih yang mana, Bakmi Jowo Mbah Gito bisa jadi pilihannya!

Bakmi godog menjadi olahan mie paling favorit. Saat disajikan, kepulan asap dan aroma bakmi godognya sampai bikin ngiler.

Rasanya juara! Kelezatan ini tidak lepas dari perpaduan mie, seledri, daun bawang, kol, bawang goreng, telur, dan suwiran ayam yang diracik melalui proses belasan tahun, sejak 2008.

Mie goreng juga tak kalah enak, gurih dan manis. Mie kuningnya ditambah suwiran ayam dan kubis. Sajian mie per porsinya terbilang cukup, pengunjung juga bisa menambah nasi putih.

Kalau soal minumannya, buat kamu yang suka dingin, es saparella bisa jadi pilihan. Minuman soda ini hasil fermentasi air sarsaparilla, dahulu minuman ini populer pada raja-raja Yogyakarta.

Kalau mau cari yang hangat, ada wedang uwuh. Minuman ini terbuat dari cengkeh, kayu manis, jahe, daun pala kering, kayu secang dan gula yang berkhasiat menurunkan kolesterol dan sebagai antioksidan.

Bakmi Jowo Mbah GitoBakmi Jowo Mbah Gito Foto: (Gema Bayu/d'travelers)

Selain makanan dan minumannya yang enak, warung makan yang berlokasi Jalan Nyi Agengnis No. 9, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta ini mempunyai interior yang semuanya terbuat dari kayu dan bambu. Ada juga kayu bekas pohon yang sengaja ditaruh di sela-sela meja makan.

Sentuhan budaya jawa juga turut dalam menghiasi warung makan ini, seperti adanya gong, wayang, dan tulisan aksara jawa.

Kelezatan makanan dan kenyamanan pada Warung Bakmi Jowo Mbah Gito bisa jadi pilihan kamu saat wisata kuliner di daerah istimewa ini. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 11.00-20.00. Selamat mencoba!

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Gema Bayu Samudra dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "5 Pegawai Positif Corona, KUA Danurejan Yogyakarta Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA