Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jul 2020 20:08 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Museum Sejarah dan Kisah Nabi, Selain Dibangun di Ancol Ada di Mana Saja?

Rosmha Widiyani
detikTravel
ilustrasi nabi muhammad
Foto: iStock/Museum Sejarah dan Kisah Nabi, Selain Dibangun di Ancol Ada di Mana Saja?
Jakarta -

Masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta, mungkin segera memiliki Museum Sejarah dan Kisah Nabi yang dibangun di lahan reklamasi kawasan Ancol. Pemprov DKI Jakarta sebelumnya mengatakan akan memanfaatkan perluasan lahan untuk kepentingan publik.

"Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk memanfaatkan tanah hasil perluasan secara transparan dan mengutamakan kepentingan publik di antaranya pembangunan tempat bermain anak dan pembangunan Museum Internasional Sejarah Rasulullah Sallallahu Alaihi Salam dan Peradaban Islam di kawasan Ancol tersebut. Groundbreaking telah dilakukan pada bulan Februari 2020 yang lalu," kata Sekda DKI Saefullah.

Sebelumnya pada 2019, Dewan Masjid Indonesia (DMI) melakukan kerja sama dengan Liga Muslim Dunia dan Yayasan Wakaf Assalam untuk membangun Museum Sejarah dan Kisah Nabi terbesar di dunia. Museum akan dibangun di dekat lahan Universitas Islam Indonesia, Cimanggis, Depok.

Museum sendiri dibangun di Cimanggis, Depok, yang bersebelahan dengan Universitas Islam Internasional Indonesia. Museum Sejarah Nabi dan Rasul ini yang ketiga dibangun setelah di Mekah dan Madinah

Jika keinginan membangun Museum Sejarah dan Kisah Nabi terbukti, Indonesia bukan satu-satunya negara yang memiliki spot terkait kehidupan sosok penting dalam ajaran agama tersebut. Dikutip dari kantor berita Yordania, Petra, di negara tersebut ada lokasi yang disebut Prophet Muhammad Museum.

Dikutip dari situs Center for the Study of the Built Environment (CBSE), Museum Kisah Nabi Muhammad berada di lingkungan King Hussein Mosque di Al-Hussein Gardens. Museum ini menyimpan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan Rasulullah SAW.

"Prophet Muhammad Museum dibuka pada 2012 dan menyimpan peninggalan (artefak) yang berhubungan dengan Nabi Muhammad SAW. Peninggalan tersebut misalnya surat untuk kaisar Bizantium, Heraclius, terkait Islam, sehelai jenggot, dan pohon muda tempatnya beristirahat ketika dalam perjalanan ke wilayah yang disebut Levant," tulis situs tersebut.

Museum Kisah Nabi Muhammad disebut sangat cocok dikunjungi yang penasaran pada kehidupan sosok yang menjadi panutan dunia tersebut. Museum juga cocok dikunjungi yang ingin tahu seputar asal dan sejarah Islam serta berbagai tradisi di dalamnya.

Sayangnya tidak tersedia informasi lebih lanjut bagi yang penasaran soal Museum Nabi Muhammad di Amman, Yordania. Jika ingin berkunjung mungkin bisa menjadikan King Hussein Mosque sebagai patokan. Dikutip dari situs beautiful mosque, King Hussein Mosque biasa disebut King Hussein Bin Talal Mosque.

Disebut sebagai salah satu masjid terindah di dunia, King Hussein Mosque memiliki empat menara yang dibangun dengan arsitektur khas peradaban Islam. Ruang ibadah di masjid ini ditandai dengan langit berkubah dan ornamen gaya Umayyah yang dipahat pada batu Yordania.

Di Indonesia, akankah ada dua Museum Sejarah dan Kisah Nabi, di Ancol dan Depok, Jawa Barat?



Simak Video "Liburan di Museum Kerang, Denpasar"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA