Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Jul 2020 13:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Wisata Bersejarah Nan Unik di Sumatera Utara

Rizka Elfira
detikTravel
Pagoda Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (27/8/2013). Hawa sejuk berkabut di kaki Gunung Sibayak, menyambut wisatawan di areal taman seluas 30 hektar itu.
Taman Alam Lumbini di Berastagi (Dikhy Sasra/detikcom)
Medan -

Terkenal memiliki banyak warisan pariwisata dan budaya, membuat Sumatera Utara menjadi pilihan tepat untuk berwisata.

Bicara Sumatera Utara, tak terbatas hanya Kota Medan saja. Di dalamnya dapat dijumpai aneka tempat yang sarat sejarah dan budaya. Wisatawan pun dapat berkunjung ke dalamnya.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Jumat (3/7/2020), berikut beberapa tempat-tempat bersejarah dan unik yang dapat kalian kunjungi bila mampir ke Sumatera Utara:

1. Candi Bahal

Candi Bahal terletak di Desa Bahal, Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Candi ini dikaitkan dengan Kerajaan Panai yang berada di pelabuhan pesisir Selat Malaka yang ditaklukan dan menjadi bagian dari Mandala Sriwijaya.

Foto Drone Candi BahalFoto Drone Candi Bahal (Okta Marfianto/detikTravel)

Terdapat tiga bagian di tempat ini yaitu Bahal I, Bahal II dan Bahal III. Ketiga candi tersebut terbuat dari batu bata merah berumur ribuan tahun sejak abad ke-11. Namun, ada pula arca-arca yang terbuat dari batu keras di sekitar candi.

Dapat dilihat juga dari dinding Candi Bahal, terdapat ukiran tokoh yaksa berkepala hewan yang sedang menari-nari. Di antara hiasan tersebut, ada pula ukiran singa yang sedang duduk. Keindahan ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengambil foto.

Bila tertarik ke sini, kalian dapat berwisata sekaligus menambah pengetahuan sejarah yang disuguhkan dari Candi Bahal.

2. Graha Maria Annai Velangkanni

Gereja Katolik yang bergaya India-Mughal di Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, Medan ini dipersembahkan untuk Bunda Velangkanni. Bunda Velangkanni berarti Santa Maria Bunda Penyembuh yang Baik.

Gereja Graha Maria Annai Velangkanni di MedanGereja Graha Maria Annai Velangkanni di Medan (Almira Santoso/d'Traveler)

Umat Katolik di India, mempercayai bahwa Bunda Maria pernah menampakkan diri di kota Velangkanni, India.

Bangunan yang megah dan desain yang unik ini ternyata memiliki filosofi religi yang cukup kuat juga, lho. Adanya 20 jendela yang mengisahkan peristiwa tentang hidup Yesus, tujuh tingkat menara dengan 3 kubah yang melambangkan Allah Tritunggal merupakan representasi manik-manik tasbih Katolik yang dikenal juga dengan sebutan Rosario.

Meski bangunan ini merupakan tempat ibadah bagi umat Katolik, Graha Maria Annai Velangkanni dapat juga dijadikan tujuan untuk wisatawan.

3. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini mendapatkan rekor MURI. Taman yang terletak di Desa Dolat Rakyat, Kota Brastagi ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia.

Pagoda Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (27/8/2013). Hawa sejuk berkabut di kaki Gunung Sibayak, menyambut wisatawan di areal taman seluas 30 hektar itu.Pagoda Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (27/8/2013). Hawa sejuk berkabut di kaki Gunung Sibayak, menyambut wisatawan di areal taman seluas 30 hektar itu (Dikhy Sasra/detikcom)

Pagoda Taman Alam Lumbini merupakan replica dari Pagoda Shwedagon yang berada di Burma, Myanmar. Bangunan ini dilapisi oleh cat berwarna emas dan memiliki pintu dengan desain etnik asli Myanmar.

Bila tidak ada kegiatan ibadah, para wisatawan dapat berkunjung dan berkeliling di sekitar pagoda yang memiliki lahan seluas 3.000 hektar. Ketinggiannya mencapai 46,8 meter dengan panjang dan lebar sekitar 68 meter menambah keindahan bagi wisatawan yang ingin berkunjung.



Simak Video "Detik-detik Polisi Gadungan Dibekuk di Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA