Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jul 2020 18:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Kandua Raya, Surga di Tengah Hutan Belantara

Edelweiss Blogger
detikTravel
Air terjun Kandua Raya
Air terjun Kandua Raya di Tenggarong (Foto: Edelweiss Blogger/d'Traveler)
Jakarta -

Air terjun Kandua Raya terletak di jalan poros antara kota Tenggarong dengan kota Bangun. Dari jalan raya, Anda harus masuk sejauh 19 km menuju desa Kedang Ipil.

Lama tempuh air terjun Kandua Raya dari kota Samarinda kurang lebih 2,5 jam. Ada baiknya memperhatikan cuaca.

Jalan masuk ke desa Kedang Ipil yang sebagian berupa jalan cor beton dan sebagian lagi masih pengerasan jalan yang cukup licin dan berbahaya jika hujan. Oleh karena itu wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua wajib berhati-hati.

Biasanya wisatawan diizinkan membawa masuk kendaraan roda dua menuju air terjun Kandua Raya dari pintu loket masuk yang berjarak kurang lebih 1 km. Namun jika jalan kaki menjadi rekomendasi utama bagi wisatawan.

Karena, pemandangan hutan yang masih alami dan sangat asri bisa dinikmati sepuasnya. Lagi pula, saat hujan, jalan berupa tanah liat berkerikil, cukup licin untuk dilalui kendaraan roda dua.

Air terjun Kandua RayaHutan belantara di sekitar air terjun Kandua Raya (Foto: Edelweiss Blogger/d'Traveler)

Begitu sampai di air terjun Kandua Raya, jangan lewatkan kesempatan uji nyali melewati arus deras air terjun dengan berpegangan di tali tambang. Beberapa utas tali tambang telah disediakan oleh pengelola untuk menyeberangi air terjun.

Tali tambang tersebut cukup kuat untuk dijadikan pegangan. Tapi wisatawan harus berhati hati, karena derasnya air terjun dan bebatuan licin bisa membuat wisatawan terjatuh saat uji nyali.

Tipsnya adalah jangan pernah melepaskan pegangan dari tali. Cukup menegangkan memang, tapi di situlah adrenalin terpompa dan euforia dirasakan saat sampai di sisi seberang.

Air terjun Kandua Raya sangat berbeda dengan air terjun pada umumnya. Rata-rata air terjun berbentuk patahan vertikal. namun air terjun kandua raya bentuknya bertingkat tingkat, cukup lebar dan sangat panjang.

Di hulu sungai juga terdapat air terjun Putang. Cukup berjalan kaki kurang lebih 1 jam dari air terjun Kandua Raya.

Air terjun Kandua Raya cocok untuk wisatawan segala usia. Ada kolam alami yang tenang bagi wisatawan yang ingin santai berendam menikmati sejuknya air terjun.

Nah setelah puas bermain di air terjun Kandua Raya dan air terjun Putang, jangan lupa membeli oleh-oleh khas desa Kedang Ipil yaitu gula merah dari nira aren, madu hutan dan tusuk sate. Desa Kedang Ipil merupakan sentra pembuatan tusuk sate. Yuk mari berwisata ke desa Kedang Ipil.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Edelweiss Blogger, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Kirab Budaya Kutai, Tenggarong"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA