Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jul 2020 12:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Alat Musik Tradisional Khas Sunda Jawa Barat

Lusiana Mustinda
detikTravel
Angklung khas Baduy
Alat musik tradisional khas Sunda, Jawa Barat. Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikX
Jakarta -

Alat musik tradisional khas Sunda, Jawa Barat sangat beragam. Alat musik asal Jawa Barat lebih banyak terbuat dari bambu. Keberadaan alat musik ini sudah ada sejak dulu.

Jawa Barat memang dikenal dengan kebudayaan dan alat musiknya yang unik. Alat musik tradisionalnya pun kini banyak dikembangkan tidak hanya oleh orang tua tetapi juga anak-anak muda di Jawa Barat.

Berikut beberapa alat musik tradisional khas Sunda Jawa Barat dan cara memainkannya yang perlu diketahui:

1. Angklung

Juara Dunia MotoGP Marc Marquez mengunjungi saung Mang Ujo di Bandung Jawa Barat Minggu (10/2). Begini aksinya saat bermain angklung.Juara Dunia MotoGP Marc Marquez mengunjungi saung Mang Ujo di Bandung Jawa Barat Minggu (10/2). Begini aksinya saat bermain angklung. Foto: Satria Nandha

Dikutip dalam buku 'The Amazing of Indonesia: 71 Keajaiban Indonesia yang Wajib Diketahui' oleh Sugeng HR, angklung adalah alat musik tradisional khas masyarakat Sunda, Jawa Barat. Alat musik angklung terbuat dari bambu dan dibunyikan dengan cara digoyangkan.

Angklung terdiri dari dua, tiga atau empat bambu dengan susunan dua, tiga dan empat nada. Bambu yang biasa digunakan untuk membuat angklung adalah awi wulung atau bambu hitam dan awi temen atau bambu putih.

Alat musik tradisional khas Sunda, Jawa Barat bernama angklung berfungsi sebagai pembangkit semangat dalam pertempuran. Jenis-jenis angklung adalah angklung kanekes, angklung dogdog lojor, angklung gubrag, angklung badeng dan angklung padaeng. Sejak tahun 2010, UNESCO telah mendaftarkan angklung sebagai karya agung budaya hiasan dan non bendawi manusia.

2. Kecapi

bengkel kecapibengkel kecapi Foto: bakrie

Alat musik tradisional khas Sunda Jawa Barat yang kedua ada kecapi. Kecapi dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi dimainkan menjadi dua bagian dalam mengiringi musik tradisional Sunda yaitu kecapi induk dan kecapi anak. Kecapi yang digunakan memiliki 18-20 buah dawai.

3. Calung

alat musik tradisional sundaalat musik tradisional sunda Foto: Wikipedia

Calung jadi alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang dipotong bulat. Alat musik ini adalah musik tradisional masyarakat Sunda yang dikenal dan berkembang di wilayah Jawa Barat.

Calung dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu calung rantay dan calung jinjing. Calung rantay dimainkan dengan duduk bersila sedangkan calung jinjing dimainkan sambil berdiri.

4. Rebab

alat musik tradisional sundaalat musik tradisional sunda Foto: Wikipedia


Rebab sejenis alat musik gesek yang merupakan alat musik tradisional khas Sunda Jawa Barat. Menurut sejarahnya, rebab dibawa oleh para pedagang Timur Tengah yang berlayar ke Indonesia.

Rebab terbuat dari tembaga dan memiliki tiga buah senar atau dawai. Cara memainkan rebab seperti mamainkan alat musik biola.

5. Dog-dog

alat musik tradisional sundaalat musik tradisional sunda Foto: Wikipedia


Alat musik tradisional khas Sunda Jawa Barat yang dipukul adalah dog-dog karena ini sejenis genderang. Istilah dog-dog merupakan peniruan dari bunyi yang berasal dari suara dog-dog.





Simak Video "Proses Pembuatan Kecapi, Alat Musik dengan Bahan Dasar Kayu, Sulawesi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA