Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Agu 2020 08:13 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ladon Little Island, Objek Wisata Hits yang Tak Jauh dari Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Ladon Little Island, Objek Wisata Hits yang Tak Jauh dari Borobudur
Foto: Ladon Little Island (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Wisata Magelang yang tidak jauh dari Candi Borobudur bertambah satu lagi, Ladon Little Island. Destinasi wisata itu menawarkan pemandangan alam dan hamparan pasir bak di pantai.

Destinasi wisata ini dinamai Ladon Little Island. Untuk persisnya, lokasi ini berada di Dusun Sangen, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ladon Little Island, Objek Wisata Hits yang Tak Jauh dari BorobudurLadon Little Island, Objek Wisata Hits yang Tak Jauh dari Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Wisatawan yang penasaran untuk menuju Ladon Little Island tersebut sangat mudah sekali. Untuk rute pertama yang dituju Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Candirejo. Nantinya dari Balkondes tersebut ada papan penunjuk arah hingga di pinggiran Sungai Progo.

Destinasi wisata ini persisnya berada di pinggiran Sungai Progo. Ladon Little Island semula merupakan pematang Sungai Progo yang mengering saat musim kemarau seperti saat ini. Kemudian, ada pasir putih berada di pinggir sungai mirip berada di pinggiran pantai.

Selain itu, bisa melihat pemandangan air Sungai Progo, yang terlihat airnya tenang. Kemudian, nan jauh terlihat pemandangan Pegunungan Menoreh. Untuk sampai di lokasi tersebut cukup membayar tiket masuk Rp 2.000.

Parkir sepeda motor Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000. Di lokasi juga telah tersedia berbagai kuliner dan jajanan khas dusun setempat. Selain itu, ada penyewaan kuda untuk dinaiki dan perahu karet. Untuk jam buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

"Namanya Ladon Little Island. Ladon itu kan berasal dari kata ladu. Ladu itu sisa banjir lendut atau pasir. Little Island, pulau kecil. Ini misalnya dilihat dari atas pakai drone kayak pulau melingkar," tutur Sutarno, salah satu pengelola Ladon Little Island saat ditemui di lokasi, Rabu (5/8/2020).

Ladon Little Island, Objek Wisata Hits yang Tak Jauh dari BorobudurLadon Little Island, Objek Wisata Hits yang Tak Jauh dari Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Sutarno menuturkan awal dibuatnya destinasi wisata itu merupakan hasil pertemuan pemuda dusun setempat. Kemudian, mereka sepakat membuat destinasi wisata dengan memanfaatkan lokasi yang ada saat musim kemarau ini.

"Awalnya dari pemuda kumpul-kumpul, terus mau bikin wisata kayaknya menarik wisata alam terus dibikin ini. Persiapan cuman dari uang jimpitan warga kurang lebih Rp5 juta. Diambilkan untuk bikin kios-kios (lapak), pembersihan jalan dan pembersihan sampah-sampah sisa banjir," kata Sutarno.

Destinasi wisata yang mulai dibuka 26 Juli 2020 ini, telah banyak dikunjungi pengunjung. Pada, Minggu (2/8), pengunjung terdata hingga 1.300 sesuai tiket masuk yang terjual.

Di lokasi ini, pengunjung bisa selfie. Kemudian, yang ingin sewa kuda untuk dinaiki juga tersedia sebesar Rp20.000. Kemudian sewa perahu karet Rp 40.000.

Salah satu pengunjung, Risty, warga Glagah, Mertoyudan, Magelang yang datang bersama suaminya dan kedua anaknya. Ia sengaja datang untuk menikmati pemandangan alam dan berfoto-foto di Ladon Little Island.

Ladon Little Island, Objek Wisata Hits yang Tak Jauh dari BorobudurLadon Little Island, Objek Wisata Hits yang Tak Jauh dari Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

"Saya lihat-lihat di Instagram di Magelang ada yang bagus seperti ini. Tempatnya mirip dengan pantai ada pasir. Pemandangan alamnya juga bagus," tuturnya.

Senada, pengunjung lainnya, Cindy Nisfatul Mu'anisyah (16), juga puas bisa melancong di Ladon Little island. Ia yang datang bersama temannya, Alifia Sevi (16). Mereka mengetahui lokasi ini dari medsos.

"Lokasinya menarik ada pasir putih kayak di pantai," ujarnya.



Simak Video "SvargaBumi Borobudur, Wisata Magelang yang Gandeng Petani Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA