Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Agu 2020 10:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan ke Pantai Gopek di Banten Lama, Bayarnya Cuma Rp 500

Jetrani Reza Dias
detikTravel
Pantai Gopek
Foto: Jetrani Reza Dias/d'Traveler
Serang -

Terletak di daerah Karangantu, Banten, pengunjung cukup membayar Rp 500 untuk memasuki Pantai Gopek. Murah meriah untuk liburan sekeluarga, apalagi jika dibandingkan dengan deretan pantai di wilayah Anyer.

Ya, bukan cuma warga lokal Kota Serang yang hanya perlu membayar Rp 500 alias gopek saat melancong ke Pantai Gopek, namun wisatawan dari mana saja dikenakan tarif serupa. Iya, betul tiket masuk kawasan pantai ini cuma Rp 500.

Padahal, Pantai Gopek sudah cukup populer di telinga masyarakat Banten, khususnya warga Kota Serang. Pantai ini juga sudah dikelola secara profesional.

Sebelum sampai area pantai, traveler akan melihat banyak kapal nelayan besar yang dipenuhi lampu bersandar. Lokasi itu bernama Pelabuhan Karangantu, pelabuhan yang ternyata mempunyai nilai sejarah. Pelabuhan tersebut ramai dan mengalami masa kejayaan di zaman Kesultanan Banten. Sekarang, pelabuhan ini berfungsi sebagai dermaga.

Tak ada tiket masuk perorangan, parkir kendaraan pun gratis di Pantai Gopek. Traveler bisa memancing, berenang, bermain di pulau, juga menyewa kano. Tiga pulau yang bisa dikunjungi yakni Pulau Tiga, Pulau Empat dan Pulau Lima. Biaya sewa kapal terhitung lumayan, mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu untuk satu kapal yang bisa memuat sekitar 15 penumpang.

Traveler juga bisa berkeliling hutan mangrove hanya dengan membayar Rp 5 ribu per orang. Ada sekitar 10 gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat secara gratis. 5 gazebo paling ujung langsung menghadap ke pantai. Traveler bisa memesan ikan bakar dan aneka minuman dingin lain disana dengan harga yang masih masuk akal alias murah meriah.

Buat traveler yang hobi memancing, kalian bisa melampiaskan hobi di pantai ini. Saran saya jangan lupa bawa payung atau topi kalau ke sini karena cuaca cukup panas. Jika air pasang, kita bisa menyewa kano yang disewakan seharga Rp 20 ribu. Ada pula mobil-mobilan aki dengan banyak pilihan yang bisa disewa anak-anak.

Untuk liburan bersama keluarga, Pantai Gopek murah meriah dan mudah dijangkau. Jika traveler sedang berkunjung ke Banten Lama, setelah dari Masjid Agung, sempatkan ke sini sekalian ya. Jangan lupa selalu pakai masker, jaga kebersihan tangan, pakaian, dan jaga jarak dengan pengunjung lain.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Jetrani Reza Dias, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Celebrity on Vacation: Mengunjungi Waterpark Beach Resort Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA