Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Agu 2020 05:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pangandaran Creative Space, Spot Tongkrongan Millenial Pangandaran

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pangandaran Creative Space
Pangandaran Creative Space (Faizal Amiruddin/detikTravel)
Pangandaran -

Pangandaran memiliki tempat nongkrong yang menjadi primadona anak-anak muda zaman now. Pangandaran Creative Space di jantung kota.

Malam minggu malam yang panjang. Meski masih dalam situasi pandemi Corona, denyut keramaian di akhir pekan tetap terjadi. Terlebih di kawasan objek wisata pantai Pangandaran.

Aktivitas pariwisata di sepanjang pantai Pangandaran rancak di Sabtu malam. Warga lokal dan wisatawan dari berbagai daerah larut dalam kebahagiaan pelesiran.

Selain itu kawasan pantai, pemuda-pemuda setempat memiliki spot untuk menghabiskan malam minggu. Salah satu tempat kongkow anak muda atau kaum millenial Pangandaran adalah di sebuah taman yang terletak di balik riuhnya dunia pariwisata Pantai Pangandaran.

Tempat nongrong ABG itu ada di kawasan Pangandaran Creative Space (PCS). Kawasan itu sebuah taman terpadu yang bisa menampung berbagai aktivitas minat dan bakat anak-anak muda Pangandaran.

Seperti terlihat pada Sabtu (29/8/2020) malam, anak-anak muda Pangandaran ramai di kawasan PCS. Di bagian timur PCS ada ruang baca atau perpustakaan. Anak-anak muda yang gemar literasi terlihat asyik membaca buku.

Tepat di sampingnya sebuah cafe juga cukup ramai. Litera Kopi, nama cafenya. Ya namanya pun masih berbau dunia literasi karena memang cafe ini mengusung konsep perpustakaan kopi. Jika sedang malas membaca, masih ada hiburan akustikan untuk mengiringi obrolan bersama kawan-kawan.

Pangandaran Creative SpaceCafe di Pangandaran Creative Space(Faizal Amiruddin/detikTravel)

Di bagian barat PCS ada spot bagi para penggemar olahraga, khususnya olahraga ekstrim papan luncur atau skateboard dan lapang bola basket. Anak-anak muda penyuka adrenalin tampak asyik bermain papan luncur di skate park. Mereka terlihat berlatih berbagai trik dan kemampuan atraksi di atas papan luncur.

Kemudian di lapang basket, dua tim sedang bertanding disaksikan para pengunjung yang cukup terhibur dengan kegiatan mereka. Fasilitas lampu yang dipasang di lapang basket memungkinkan mereka bermain sampai malam hari.

"Setiap malam minggu selalu ramai oleh anak-anak muda. Ada yang olahraga, main musik, berliterasi atau duduk-duduk bermain ponsel menikmati wifi gratis," kata Ade Sujana (40) seorang pengunjung.

Selain Sabtu malam, keramaian di area PCS ini juga terjadi pada Minggu pagi. "Kalau Minggu pagi ramai kegiatan olahraga. Ada ibu-ibu senam, anak-anak bermain di play ground, basket atau jogging," kata Ade.

Pangandaran Creative SpaceABG bermain basket di Pangandaran Creative Space Foto: Faizal Amiruddin/detikTravel

Ade bilang ruang publik yang dibangun Pemkab Pangandaran ini sejauh ini cukup bermanfaat untuk menjadi tempat bermain anak-anak muda. "Setahu saya disini anak-anak muda berkegiatan yang positif-positif. Gak ada yang aneh-aneh," kata Ade.

Dia mengatakan kawasan ruang publik ini dulunya merupakan bangunan Puskesmas Pangandaran. Karena Puskesmas dipindahkan ke tempat yang lebih luas, lokasi itu kemudian dibuat ruang publik bertajuk Pangandaran Creative Space.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA