Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Agu 2020 21:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taman Purbakala di Cipari Kuningan dan Koleksi zaman Megalitikumnya

Bima Bagaskara
detikTravel
Taman Purbakala Cipari di Kuningan, Jabar
Taman Purbakala Cipari di Kuningan, Jabar (Bima Bagaskara/detikTravel)
Kuningan -

Wisata Kuningan tak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga sejarah. Ada Taman Purbakala Cipari.

Letak geografis Kabupaten Kuningan di Jawa Barat yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai membuat daerah ini memiliki begitu banyak tempat wisata dengan panorama alam yang indah dan sejuk. Tapi, Kuningan juga memiliki tempat wisata bersejarah yakni Taman Purbakala Cipari. Sesuai namanya, Taman Purbakala Cipari memiliki sejumlah hal-hal yang diperkirakan sudah ada sejak jutaan tahun lalu.

Berlokasi di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, di taman ini memiliki beberapa situs peninggalan zaman megalitikum atau zaman batu. Di antaranya, berupa peti kubur.

Berdasarkan tipologi dan stratigrafi di situs ini diperkirakan mengalami dua kali masa permukiman yaitu permukiman manusia pada akhir masa neolotik dan awal pengenalan bahan perunggu sekitar 1.000 hingga 500 tahun sebelum masehi.

"Situs ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971/1972 oleh penduduk selanjutnya dibantu petugas pemerintah daerah setempat dilakukan ekskavasi atau penggalian dan menemukan peti kubur berukuran besar," kata Suma pengelola Taman Purbakala Cipari kepada detikcom Sabtu (29/8/2020).

Saat ditemukan di sekitar peti kubur itu terdapat beberapa benda seperti kendi piring, gelang batu, kapak perunggu, manik-manik dan tulang hewan.

Taman Purbakala Cipari di Kuningan, JabarSalah satu tinggalan batu di Taman Purbakala Cipari di Kuningan, Jabar Foto: Bima Bagaskara/detikTravel

Baru pada tahun 1975, kata Suma, para arkeolog menemukan kubur batu kedua lengkap dengan penutupnya. Tapi, di dalam peti kubur itu tidak ditemukan sisa jasad manusia.

"Tapi ditemukan lagi benda-benda seperti gelang, batu beliung persegi, kapak perunggu dan manik-manik diduga kuat peti kubur bilik batu berasal dari masa perunggu," lanjut Suma menceritakan.

Saat mulai memasuki area Taman Purbakala Cipari, pengunjung akan langsung dihadapkan dengan sebuah batu dengan tinggi 2,5 meter yang dinamakan batu menhir. Tidak jauh dari batu menhir, ada juga batu altar yang ukurannya hampir serupa.

Suma bilang kawasan Taman Purbakala Cipari ini sudah ditata sedemikian rupa sehingga tetap serasi dengan situs peninggalan zaman megalitikum tersebut.

Taman Purbakala Cipari di Kuningan, Jabarkoleksi di Taman Purbakala Cipari di Kuningan, Jabar Foto: Bima Bagaskara/detikTravel

"Lantai jalan setapak di Taman Purbakala Cipari merupakan susunan lempeng batu bentukan baru yang diupayakan agar serasi dengan tinggalan megalitik," kata dia.

Di Taman Purbakala Cipari juga terdapat sebuah museum yang menyimpan barang-barang hasil temuan masyarakat di seluruh Kabupaten Kuningan seperti cincin batu, kapak batu dan perunggu, kendi hingga pendil.

Taman Purbakala Cipari sendiri saat ini sudah dijadikan Cagar Budaya tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilindungi oleh undang-undang.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA