Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Agu 2020 09:13 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tenjo Layar, Sebuah Ketenangan di Kaki Gunung Ciremai

Bima Bagaskara
detikTravel
Tenjo Layar
Tenjo Layar (Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Menghabiskan waktu libur di alam menjadi pilihan di akhir pekan. Sebelum kembali ke rutinitas, Tenjo Layar di kaki Gunung Cermai bisa jadi pilihan.

Salah satu tempat yang perlu traveler kunjungi ialah Objek Wisata Tenjo Layar yang ada di Desa Sangkanerang, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Letaknya yang tepat berada di kaki Gunung Ciremai membuat wisata Tenjo Layar sangat tepat dijadikan tujuan wisata bagi traveler yang ingin mencari ketenangan dan kesejukan.

Namun untuk menuju ke lokasi wisata ini, traveler diharuskan memiliki stamina ekstra karena harus berjalan kaki sejauh 900 meter dari area parkir kendaraan.

Objek wisata Tenjo Layar sendiri mulai dibangun pada tahun 2017 lalu oleh para pemuda setempat yang tergabung dalam karang taruna Ciremai Muda.

"Awalnya tahun 2017 kami ingin ada suatu kegiatan yang menghasilkan. Kemudian ada potensi di blok tenjo layar dan kami manfaatkan untuk objek wisata ini," kata Ivan Sofyan selaku pengelola Tenjo Layar saat ditemui detikcom Minggu (30/8/2020).

Di objek wisata Tenjo Layar sendiri terdapat dua lokasi utama. Yang pertama ialah tempat untuk bermain keluarga seperti kolam renang dan kolam terapi ikan. Jaraknya hanya sekitar 400 meter dari area parkir.

Kemudian yang kedua ialah curug dan sebuah kolam yang berada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Untuk sampai ke lokasi ini, traveler harus kembali berjalan sejauh 500 meter menaiki anak tangga.

Tenjo LayarTenjo Layar Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Sepanjang menyusuri anak tangga, traveler akan dihadirkan dengan eksotisme bebatuan besar serta tebing yang tinggi. Traveler juga wajib berhati-hati saat hendak menuju lokasi curug.

Sesampainya di atas, lelah traveler akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat indah. Selain itu traveler juga bisa menikmati kesegaran air pegunungan di sebuah kolam.

Kata Ivan, sebagian lahan objek wisata Tenjo Layar ini berada di kawasan milik Taman Nasional Gunung Ciremai. Maka tidak heran jika di lokasi ini juga merupakan habitat dari satwa-satwa dilindungi seperti Surili dan burung elang.

"Di sini ada habitat Surili dan juga elang. Jenisnya elang bondol, kita juga membuat pos pengamatan dengan pihak taman nasional," lanjut pria yang juga merupakan Ketua Karang Taruna Ciremai Muda.

Tenjo LayarTenjo Layar Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Ivan juga mengatakan saat ini objek wisata Tenjo Layar belum sepenuhnya dibuka. Pihaknya masih terus melakukan pembenahan seperti memasang batas pengaman di sepanjang jalur menuju curug dan melengkapi fasilitas lainnya. Rencananya, Tenjo Layar baru akan dibuka secara resmi pada bulan Desember 2020 mendatang.

"Sempat ujicoba dibuka 10 hari pada 31 Juli sampai 9 Agustus. Animo masyarakat cukup baik ada 200an pengunjung dari Cirebon, Indramayu dan daerah sekitar sini. Targetnya Desember nanti kita grand launching," lanjut Ivan.

Namun jika berminat datang ke wisata Tenjo Layar, traveler bisa langsung datang ke lokasi. Untuk harga tiketnya, sangatlah terjangkau hanya Rp 5 ribu per orangnya.

Tenjo LayarTenjo Layar Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA