Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Agu 2020 10:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Kuching, Kota dengan Beragam Wisata di Malaysia

Lena Ellitan
detikTravel
Kuching, Malaysia
Foto: Lena Ellitan/d'traveler
Kuching -

Kuching adalah salah satu kota di Malaysia yang letaknya dekat dengan Indonesia dan punya beragam objek wisata, mulai dari kesehatan, belanja, sampai sejarah.

Kuching dapat ditempuh dengan penerbangan langsung dari Kuala Lumpur sekitar 2 jam penerbangan. Bagi kita rakyat Indonesia yang tinggal di Kalimantan Barat kota ini sangat popular baik untuk wisata kesehatan atau berbelanja. Kuching dapat ditempuh 8 jam perjalanan dari ibu kota Kabar Pontianak, atau sekitar 3 jam melalui perbatasan Aruk dari Kota Singkawang.

Bagaimana potret Kota Kuching dan sejarahnya? Kota ini sangat bersih, dengan objek wisata Kuching waterfront tempat nongkrong yang asik.

Kuching memang dilalui di Sungai Serawak di ujung barat daya negara bagian Serawak di pulau Borneo. Kuching adalah ibu kota ketiga Sarawak pada tahun 1827 pada masa pemerintahan Kekaisaran Brunei.

Pada tahun 1841, Kuching menjadi ibu kota Serawak setelah Sarawak diserahkan ke James Brooke untuk membantu Kerajaan Brunei dalam menghancurkan pemberontakan. Sampai saat ini banyak peninggalan sejarah berbau James Brooke di Pusat Kota Kuching.

Karena relatif banyaknya daya tarik Kuching baik tempat wisata, budaya dan kulinernya maka tidak jarang pejalan yang menjelajah kota ini selain memang kota ini merupakan pintu gerbang utama bagi wisatawan mengunjungi Sarawak.

Berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi di Kuching dan sekitarnya antara lain Taman Nasional Lahan Basah Kuching terletak sekitar 30 kilometer (19 mi) dari kota, Taman Nasional Bako, Pusat Satwa Liar Semenggoh, Festival Musik Hutan Hujan Dunia, bangunan legislatif Serawak, Astana, Fort Margherita, Museum Kucing, dan Museum Sarawak, pusat-pusat perbelanjaan.

Sebagai ibu kota Sarawak, sampai saat ini Kuching memainkan peran penting dalam kesejahteraan politik dan ekonomi bagi masyarakat negara bagian. Kita dapat melihat pusat pemerintahan di mana hampir semua kantor pusat pemerintahan dan kementerian berada Pusat Kota Kuching.

Bangunan legislatif Sarawak terletak di pinggiran kota Kuching di Petra Jaya. Kotanya yang bersih, nyaman dan tidak high cost living memang menarik bagi pengunjung dengan isi kantong yang cukup.

****

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Cegah Covid-19 Meluas, Malaysia Perpanjang Lockdown!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA