Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Agu 2020 17:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Perjuangan Rakyat Buleleng Tersimpan di Monumen Ini

Lena Ellitan
detikTravel
Monumen Perjuangan Tri Yuda Sakti
Foto: Lena Ellitan/d'traveler
Singaraja -

Monumen Perjuangan Tri Yuda Sakti menyimpan kisah perjuangan masyarakat Buleleng melawan penjajah. Tak cuma bersejarah, monumen ini juga menjadi tempat wisata.

Monumen Perjuangan Tri Yuda Sakti yang baru saya ketahui ketika saya mampir dalam perjalanan dinas beberapa waktu yang lalu di Kota Singaraja. Perjalanan ditempuh dari Bandar Udara Ngurah Rai ke Singaraka sekira 4 jam perjalanan.

Sebelum masuk ke kota Singaraja kita melewati Monumen Perjuangan Tri Yuda Sakti atau yang lebih dikenal dengan Tugu Tiga. Monumen ini berlokasi di Banjar Bantangbanua wilayah Kecamatan Sukasada, tak jauh dari kota Singaraja. Monumen ini berada tepatnya di depan Polsek Sukasada.

Begitu memasuki areal monument pengunjung dapat merasakan suasana yang tenang. Di sekitar monument dibangun beberapa kolam serta wantilan yang dilengkapi dengan tempat persembahyangan berupa padmasana.

Monumen ini menunjukkan kepada pengunjung mengenai diorama perjuangan rakyat Buleleng menentang penjajahan dari kepemimpinan Anglurah Ki Barak Panjui Sakti, diorama perang jagaraga, diorama perang banja, nama-nama para pejuang

Bangunan utama monumen ini berupa tiga patung yang berdiri kokoh yang harus melewati beberapa anak tangga. Selain itu di tempat ini kita dapat menikmati pemandangan dari areal bangunan utama yang indah.Karena waktu sudah menjelang senja saya pun tidak lupa mengabadikan momen dengan berfoto dengan berlatar tiga patung pahlawan yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektar itu.

Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti merupakan kawasan bersejarah serta berpotensi sebagai tempat berwisata bagi masyarakat Buleleng maupun luar Buleleng. Monumen ini menunjukkan kepada kita semua dan mengingatkan kita bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

****

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Budaya Muslim Pegayaman Singaraja Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA