Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Sep 2020 05:32 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kreatif Banget! Lukisan 3D Hiasi Tembok Rumah Warga Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Lukisan 3D Kampung Magelang
Foto: Lukisan 3D di Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Di tangan orang kreatif, tembok rumah lawas ini bisa menjadi media kanvas yang menarik. Tembok di Magelang ini dilukis dengan lukisan 3D atau tiga dimensi yang keren.

Adapun lukisan 3D ini bisa ditemui di Kampung Malangan RT 03 dan RT 04/RW 13, Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Lukisan ini berada di tembok-tembok milik warga setempat.

Lukisan 3D itu pertama dibuat di wilayah RT 04. Lukisannya beragam, antara lain berupa geometri, kura-kura, hulk, buku, pesawat, ikan dan lainnya. Adapun media melukis merupakan tembok milik warga.

"Awalnya ini kegiatan dari RT untuk memeriahkan acara 17 Agustusan. Karena tahun ini, berhubung ada COVID-19, tidak ada kegiatan lomba-lomba. Terus mengadakan melukis ini," kata Tomi (30), saat ditemui di rumahnya di kawasan itu akhir pekan lalu.

Lukisan 3D Kampung MagelangKreator lukisan 3D di Magelang Foto: Eko Susanto/detikcom


Kemudian, ia dimintai tolong oleh tetangganya, Haryo (37), untuk menggambar di temboknya. Di tembok tetangga itu diamemilih kura-kura. Rupanya warga lain juga kepincut dan memintanya untuk mengisi tembok-tembok mereka dengan lukisan.

"Tadi saya nyoba satu gambar yang kura-kura awalnya. Kebetulan warga bilang jangan kotak-kotak semua biar ada variasinya. Terus yang kedua gambar buku, terus gambar yang lainnya," ujar Tomi yang belajar melukis secara autodidak itu.


Pria lulusan SMA tersebut menambahkan kegiatan menggambar tersebut dilakukan pada malam hari. Rencananya, nantinya satu RW yang ada empat RT temboknya digambar dan akan dijadikan kampung wisata.

"Warga tanggapannya positif, malah Mas Haryo ini rencana untuk tahun berikutnya mau ada gebrakannya lagi mungkin biar kampung disini lebih dikenal. Pemudanya mau dikumpulkan terus dijadikan kampung wisata, rencana," tuturnya seraya menyebut yang melukis orang banyak.

Lukisan 3D Kampung MagelangLukisan 3D keren di Magelang Foto: Eko Susanto/detikcom

Haryo bilang pembelian cat awalnya dari Pak RT, kemudian warga swadaya dengan patungan seikhlasnya.

"Ada yang swadaya. Yang pertama dari Pak RT, terus kedua mungkin sampai sekarang swadaya seikhlasnya untuk beli cat," kata Haryo.


Lukisan 3D Kampung MagelangLukisan 3D ini lucu Foto: Eko Susanto/detikcom

Tembok tersebut, katanya, sebelumnya lusuh sekarang dengan dilukis dengan lukisan 3D menjadi bagus dan warga mendukung yang telah dilakukan ini.

"Ya sekarang nggak lusuh. Warga tanggapannya positif. Bagus," ujarnya.



Simak Video "Para Lansia di Pengungsian Merapi Asyik Senam Bersama"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA