Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Sep 2020 09:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Historisma, Kedai Kopi Anak Wali Kota Risma yang Asyik Buat Nongkrong

Deny Prastyo Utomo
detikTravel
Kedai kopi milik anak Risma.
Historisma di Surabaya (Deny Prastyo Utomo/detikTravel)
Surabaya -

Para penggemar kopi di Surabaya atau di sekitarnya, tak lengkap jika tidak mampir ke Kedai Kopi Historisma. Tempatnya asyik buat tongkrongan.

Kedai kopi Historisma merupakan rumah masa kecil Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang berada di Jalan Bratang Binangun No 17 Surabaya, kini disulap menjadi kedai kopi. Ide brilian itu muncul dari sang putra sulung, Fuad Benardi.

Saat dikunjungi detikTravel, ada beberapa pengunjung yang terlihat asyik menikmati kopi racikan khas dari Kedai Kopi Historisma. Kursi terlihat berjajar di halaman rumah masa kecil Risma itu, mulai dari halaman depan dan bagian samping rumah.

Di bagian depan, untuk menambahkan kesan sosok Wali Kota dua periode itu juga ada mural bergambar perjalanan Wali Kota Risma, mulai Risma di wisuda lulus menjadi sarjana jurusan Arsitektur ITS tahun 1987.

Kemudian di mural itu, menggambarkan aktivitas Risma saat menjadi Walikota Surabaya dua periode 2010 hingga 2021. Di situ digambarkan Risma membawa bibit tanaman dan membawa semprotan air.

Kedai kopi milik anak Risma.Kedai kopi ini milik anak Risma (Deny Prastyo Utomo/detikTravel)

Di dinding mural itu terdapat tulisan Risma saat soft opening (25/8) lalu, di situ Risma menuliskan pesan "berusahalah seolah-olah kita akan hidup 1000 tahun dan berdoa sekuat tenaga seolah-olah besuk kita akan mati" salam Risma.

Sementara itu, melihat ke samping Kedai Historisma ini, terdapat bekas meja belajar Risma di masa sekolah menengah atas (SMA) dan meja gambar arsitektur.

Sedangkan untuk menu kopi sendiri ada bermacam kopi mix, mulai dari Caramel Coffe Latte, Vanilla coffe latte, rum coffe latte dan sebagainya. Selain itu juga ada snack juga, harganya pun tidak bikin kantong kempes mulai dari Rp 10 ribu rupiah hingga Rp 20 ribu.

Pembeli kopi di Kedai Kopi Historisma ini, dicap kopi atau wadah juga ada quote-quote Wali Kota Risma yang inspiratif yakni "Kalian Layak Berhasil Karena Tuhan Adil". Pengunjung terlihat berfoto-foto di background bergambar Risma.

Kedai kopi milik anak Risma.Terdapat juga mural Risma (Deny Prastyo Utomo/detikTravel)

Satu pengunjung kedai kopi Historima yakni Vori (47) warga Sidoarjo mengaku penasaran ingin menikmati kopi di kedai kopi Historisma ini. Kebetulan ada tugas di Surabaya.

"Baru kali ini, berawal dari melihat artikelnya Pak Dahlan Iskan, oh ternyata kafenya di sini jadi saya mampir, enak buat nongkrong," kata Vori kepada detikTravel, Sabtu (5/9/2020).

Vori mengaku, jika suasana di kedai kopi Historisma ini enak buat nongkrong, kopinya juga murah. Dirinya awalnya ingin melihat koleksi-koleksi Wali Kota Risma, tapi tidak sempat.

"Kita sebetulnya melihat, katanya ada historinya bu Risma. Tapi belum kelihatan, tapi belum mencoba untuk masuk ke dalam-dalam," ungkap Vori.

Jika traveling ke Surabaya, tentunya traveler bisa memasukkan kedai kopi yang satu ini sebagai rekomendasi.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA