Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Sep 2020 15:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Fakta Sungai Musi Sebagai Sarana Transportasi Utama di Indonesia

Putu Intan
detikTravel
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melintas di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Senin (23/7). Operasional LRT Palembang dengan penumpang dilakukan sejauh 24,5 km, dari Stasiun Dekranasda Jakabaring (DJKA) sampai Stasiun Bandara SMB II. Operasional tersebut masih terbatas
Sungai Musi. (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Sungai Musi merupakan sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia. Selain itu, sungai ini juga punya spot wisata nan cantik.

Sungai Musi yang terletak di Sumatera Selatan merupakan sungai terpanjang di Sumatera dan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Panjang sungai ini mencapai 750 kilometer.

Hulu sungai itu terletak di Pegunungan Bukit Barisan yang kemudian alirannya bermuara ke Selat Bangka dan Laut China Selatan. Nah, saking panjangnya, sungai ini sampai sanggup membelah Palembang menjadi dua bagian, yakni Seberang Illir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan.

Traveler, Sungai Musi telah lama menjadi sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia. Pemanfaatan ini dilakukan sejak Kerajaan Sriwijaya berkuasa pada abad ke-7 hingga ke-13 Masehi. Kemudian berlanjut pada masa Kesultanan Palembang Darussalam dari abad ke-17 hingga ke-19, lalu VOC, sampai pemerintah Indonesia di tahun 1970-an.

Sejumlah penumpang berada di atas  perahu kayu melintasi Sungai Musi di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (22/11). Angkutan sungai menjadi pilihan moda transportasi yang diminati masyarakat yang berada disepanjang aliran sungai musi.Sungai Musi. Foto: Agung Pambudhy

Kala itu, Sungai Musi menjadi jalur perdagangan ekspor dan impor antara bangsa lain dengan Indonesia. Kapal-kapal dagang besar kerap lalu lalang di sungai tersebut.

Selain menjadi sarana transportasi, belakangan ini Sungai Musi juga mengembangkan atraksi wisata. Pada tahun 2018, Pemerintah Palembang menyediakan 5 kapal wisata yang masing-masing dapat menampung 20 orang penumpang.

Berbagai objek wisata di sekitar Sungai Musi adalah Pulau Kemaro, Kampung Kapitan, Kampung Arab, Benteng Kuto Besak, dan yang paling ikonik, Jembatan Ampera. Jembatan Ampera ini merupakan landmark Palembang yang wajib didatangi wisatawan.

Lampu Jembatan Ampera Palembang dirusak. (Raja Adil Palembang/detikcom)Jembatan Ampera. Foto: (Raja Adil Palembang/detikcom)

Jembatan Ampera ini membentang sepanjang 1.177 meter dengan lebar 22 meter yang berfungsi menghubungkan daerah Seberang Illir dan Seberang Ulu. Jembatan ini dibangun sejak April 1962 dan kemudian diresmikan pada 30 September 1965.

Jembatan Ampera pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan tergolong canggih pada masa itu. Bagian tengah jembatan ini dapat terangkat ketika kapal-kapal masuk ke Sungai Musi. Namun sejak akhir 1990-an, fungsi ini sudah tak digunakan karena mengganggu lalu lintas kendaraan bermotor dan tak ada kapal besar yang melintas di Sungai Musi.

Itulah sejumlah fakta mengenai Sungai Musi, sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia. Dengan potensi besar yang dimilikinya, Sungai Musi tak lepas dari masalah yang menunggu untuk segera diatasi seperti luapan sampah dan rusaknya Daerah Aliran Sungai (DAS).

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA