Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Sep 2020 16:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Hari Juga Menakjubkan, Surganya Sultra

Rosady Imbran
detikTravel
Pulau Hari Sulawesi Tenggara
Pulau Hari Sulawesi Tenggara (Foto: Rosady Imbran/d'Traveler)
Jakarta -

Pulau Hari merupakan surga bagi para penggiat watersport tourism dengan air laut yang jernih dan keindahan biota laut yang tiada tara dari Sulawesi Tenggara.

Sulawesi Tenggara memiliki pesona tersendiri dengan bentang alam yang indah dan warisan budaya yang dimilikinya. Selain Wakatobi yang sudah namanya sudah mendunia, Sulawesi Tenggara juga punya banyak destinasi bahari dengan keunikan tersendiri.

Salah satunya yaitu Pulau Hari yang menyajikan pemandangan bawah laut yang memanjakan mata. Jadi wajar saja jika tempat ini ibarat magnet pariwisata.

Surga kecil yang unik ini hanya memiliki luas satu kilometer persegi. Walaupun berukuran kecil, di pulau ini para traveler bisa melakukan berbagai aktivitas petualangan seperti scuba diving, snorkeling dan canoeing dengan suguhan kejernihan air laut dan keindahan hamparan pasir putih lembut yang membentang sepanjang pesisir pulau.

Lautan di Pulau Hari kaya akan kehidupan biota laut mulai dari yang sangat kecil sampai yang sangat besar. Saat melakukan aktivitas bawah laut kita bisa menyaksikan hamparan ekosistem laut dengan koral dan ikan yang indah seperti nemo fish (ikan badut), angel fish, udang api, anemon udang, ascidia, dan bintang laut.

Pulau Hari Sulawesi TenggaraDiving di Pulau Hari Sulawesi Tenggara (Foto: Rosady Imbran/d'Traveler)

Khusus untuk para scuba diver, di sekitar Pulau Hari terdapat 13 spot penyelaman yang menakjubkan. Spot menyelam yang berada di sekeliling pulau mencapai kedalaman hingga delapan kaki dengan air yang sangat jernih memungkinkan penyelam untuk menyaksikan keindahan bawah laut yang memukau.

Pulau Hari Sulawesi TenggaraIkan nemo di Pulau Hari Sulawesi Tenggara (Foto: Rosady Imbran/d'Traveler)

Melihat keindahan bawah laut Pulau Hari tentunya akan menjadi pengalaman dengan kesan tersendiri yang tak akan pernah lupakan.

Pulau Hari terletak di Moramo Utara bagian timur Kota Kendari. Pulau yang indah ini merupakan salah satu dari sekumpulan beberapa pulau, yaitu Pulau Bokori, Pulau Saponda Darat, dan Pulau Saponda Laut.

Untuk mencapai Pulau Hari, wisatawan bisa berangkat dari kota Kendari dengan speedboad di Pelabuhan Banyan, Kompleks Pasar Sentral, Kendari. Bisa juga via Desa Wawoatu yang jaraknya sekitar 20 mil dari pusat kota dan akan memakan waktu antara 1,5 sampai 2 jam untuk sampai ke Pulau Hari, tergantung pada cuaca dan kapal.

Hal terpenting yang juga mesti diperhatikan saat ke Pulau Hari adalah sampah. Bagi traveler yang ingin menghabiskan waktu di Pulau Hari diwajibkan membawa trash bag dan membawa kembali sampahnya pulang agar keindahan tempat yang eksotis ini tetap terjaga kebersihannya.

Happy weekend travelers!

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Rosady Imbran, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Sektor Pariwisata di Sulawesi Tenggara Mulai Bangkit"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA