Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Sep 2020 11:19 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Sungai yang Dimanfaatkan Sebagai Sarana Transportasi Utama di Indonesia

Lusiana Mustinda
detikTravel
Kapal TNI dan Kapal Dit Polair Polda Kalbar melakukan patroli air di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (22/5/2019). Patroli air tersebut bertujuan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di perairan Sungai Kapuas. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/wsj.
Foto: Polisi patroli di Sungai Kapuas, Pontianak (ANTARA-FOTO)
Jakarta -

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia cukup banyak. Untuk menempuh jarak yang lebih dekat, beberapa orang memanfaatkan jalur sungai.

Sungai merupakan aliran air yang besar dan terbentuk karena proses alam. Mata air sungai berasal dari daerah pegunungan. Pemanfaatan sungai di Indonesia disesuaikan dengan keadaan geografis daerahnya.

Jika di Jawa tidak ada lagi pemanfaatan sarana transportasi melalui sungai, lain halnya dengan sungai di Pulau Sumatera serta Kalimantan yang sungai besarnya dijadikan sebagai sarana transportasi utama.

Transportasi sungai ini juga disebut sebagai angkutan yang paling murah. Karena tidak perlu lagi membangun jalur transportasi karena sudah diciptakan oleh yang maha kuasa.

Berikut beberapa sungai besar yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama:

1. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam yang berada di Kalimantan Timur ini memang membelah Provinsi Kalimantan Timur. Sungai ini menjadi salah satu sungai yang masih digunakan sebagai sarana transportasi utama sekaligus menjadi penopang bagi wilayah dari hulu sampai hilir.

Dua ekor Pesut berhasil terpantau saat sedang berenang di Sungai Mahakam, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (13/5). Tim Monitoring Pesut Mahakam yang terdiri dari WWF Indonesia, Komunita Save The Mahakam Dolphin dan Komunitas Pencinta Alam Damai (Kompad) berhasil menemukan keberadaan pesut saat melakukan survey untuk mengetahui sebaran populasi pesut tersebut. ANTARA FOTO/Sugeng Hendratno/jhw/foc/17.Dua Pesut terlihat sedang berenang di Sungai Mahakam. Foto: ANTARA FOTO/Sugeng Hendratno

Sungai ini juga memiliki beberapa jenis habitat seperti biota ikan air tawar seperti ikan patin dan juga pesut meskipun jumlahnya tinggal sedikit. Sungai Mahakam memiliki panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu hingga kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.

Sungai Mahakam juga dimanfaatkan sebagai jalur lewatnya kapal tongkang batu bara dari berbagai tempat. Pada beberapa titik lebar sungai ini bisa mencapai ratusan meter.

2. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas atau sungai Kapuas Buhang merupakan sungai yang ada di Kalimantan Barat. Sungai ini menjadi yang terpanjang di pulau Kalimantan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.143 km.

Sungai ini berperan penting sebagai jalur distribusi barang di wilayah Kalbar. Kedalamannya yang melebihi 20 meter membuat sungai Kapuas bisa dilewati baik kapal penumpang maupun barang. Di sungai Kapuas banyak kapal-kapal atau perahu nelayan yang hendak mencari ikan atau sekedar ingin bersantai dan bersandar di kota tujuan.

Sungai KapuasSungai Kapuas Foto: (Merza Gamal/d'Traveler)

3. Sungai Musi

Sungai Musi merupakan sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia. Tak hanya itu sungai Musi juga memiliki spot menarik sehingga tak pernah sepi dikunjungi para pelancong. Sungai Musi terletak di Sumatera Selatan yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera dan salah satu yang terpanjang di Indonesia.

Jembatan AmperaJembatan Ampera Foto: Dok Kemenpar

Berbagai objek wisata di sekitar Sungai Musi adalah Pulau Kemaro, Kampung Kapitan, Kampung Arab, Benteng Kuto Besak, dan yang paling ikonik, Jembatan Ampera. Jembatan Ampera ini merupakan landmark Palembang yang wajib didatangi wisatawan.

Sunset Sungai MusiMenikmati Sunset di Sungai Musi Foto: Afif Farhan

4. Sungai Barito

Sungai Barito memiliki panjang 909 km. Sungai ini terletak di wilayah Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya, Kalimantan Tengah. Di sungai ini banyak aktifitas kapal besar yang umumnya ialah kapal transportasi hingga pengangkut barang.

sungai baritoSungai Barito Foto: Boma Stork Sijabat/d'Traveler

5. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari berlokasi di Pulau Sumatera Barat dan Jambi. Ini menjadi salah satu sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai Batanghari banyak dimanfaatkan warga sebagai transportasi utama. Transportasi penyeberangan di sungai Batanghari ini menggunakan kapal berukuran sedang yang nantinya akan diisi dengan sepeda motor untuk membantu pengendara menyeberang ke sungai.

Warga memanfaatkan jasa penyeberangan sepeda motor di Sungai Batanghari, Muarojambi, Jambi, Selasa (21/4/2020). Penyedia jasa penyeberangan yang melayani rute Taman Rajo-Maro Sebo tersebut mematok tarif Rp10 ribu per sepeda motor. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan./hp.Warga memanfaatkan jasa penyeberangan sepeda motor di Sungai Batanghari, Muarojambi, Jambi, Selasa (21/4/2020). Penyedia jasa penyeberangan yang melayani rute Taman Rajo-Maro Sebo tersebut mematok tarif Rp10 ribu per sepeda motor. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan./hp. Foto: ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN

Itulah beberapa sungai yang dimanfaatkan sebagai moda transportasi utama di Indonesia detikers.



Simak Video "Mengambil Rotan untuk Dikonsumsi, Ujung Kulon"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA