Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Sep 2020 14:46 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cantik Tapi Mistis, Ini Air Terjun Cigoong Cianjur

Bonauli
detikTravel
air terjun Cigoong
Air terjun Cigoong (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Cianjur bukan cuma penghasil beras saja. Daerah ini juga punya air terjun cantik yang menyegarkan, Cigoong.

Air terjun Cigoong terletak di Kampung Tabrig Desa Gekbrong Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat. Nama Cigoong dipilih karena warga sering mendengar suara goong (salah satu alat musik) pada malam-malam tertentu.

Meski terdengar mistis, aslinya Air terjun Cigoong sangatlah cantik. Air terjun ini berada teat di kaki Gunung Gede.

Curug Cigoong sebenarnya tak begitu jauh dari kampung Tabrig, hanya sekitar 500 meter. Namun jalan setapak curug itu membuat waktu cukup lama, yakni 30 menit.

Setelah melewati jalan setapak, tebing curam dengan kemiringan lebih 45 derajat yang menjadi akses satu utama menuju curug menyambut untuk dilewati. Tumbuhan rambat menjadi pegangan mereka yang bernyali agar bisa turun nikmati curug itu.

air terjun Cigoongair terjun Cigoong Foto: (Ismet Selamet/detikcom)

Tak jarang, wisatawan terpeleset apalagi saat musim hujan. Banyak pula tanaman berduri yang tumbuh liar di sana.

Rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan indah dari Curug Cigoong. Kondisi alam yang masih perawan membuat lingkungan di sekitarnya makin eksotis.

Wisatawan akan langsung disambut dengan hawa dingin dan rintikan air terjun yang jatuh. Seketika keringat dan panas hilang karena dinginnya air terjun.

Cigoong memiliki air terjun utama setinggi 50 meter dan ada juga air terjun kecil di sampingnya. Wisatawan bisa berjalan ke tengah kolam di bawah air terjun, sebab kedalamannya hanya sekitar 1,5 meter.

air terjun Cigoongair terjun Cigoong Foto: (Ismet Selamet/detikcom)

Karena keindahannya, Cigoong mulai ramai wisatawan. Kunjungan akhir pekan biasanya akan mencapai 300-500 orang sebelum pandemi. Kebanyakan yang berkunjung masih masyarakat lokal saja.

Wisatawan pun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam sebab tak ada biaya retribusi untuk datang ke curug yang berada di kawasan Taman nasional Gunung Gede Pangrango ini.



Simak Video "Minggu Sore, Jalur Cianjur Puncak Macet Parah"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA