Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Okt 2020 14:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Jepara Ini Viral Akibat Air Surut, Berikut Sejarah di Balik Namanya

Dian Utoro Aji
detikTravel
Pantai di Jepara.
Kondisi Pantai Benteng Portugis Jepara saat surut (Dian Utoro/detikTravel)
Jepara -

Pantai Benteng Portugis, Kabupaten Jepara tengah viral di medsos. Ini tidak lepas karena ada video yang memperlihatkan kondisi pantai yang surut hingga memperlihatkan hamparan pasir hingga ke Pulau Mandalika. Lalu bagaimana sejarah nama Pantai Benteng Portugis itu sendiri?

Sekretaris Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo, Jepara, Arif'an mengatakan terkait nama Pantai Benteng Portugis tidak lepas karena di sepanjang pantai yang terletak di Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo, Jepara terdapat bekas benteng Portugis. Benteng tersebut hingga kini menjadi salah satu objek wisata di Jepara.

"Terkait dengan nama itu memang ada Benteng Portugis atau mercusuar. Di situ tempat tentara Portugis melihat lawan atau kapal - kapal yang melintas menuju Pantai Mandalika. Sekarang Benteng Portugis juga menjadi salah satu objek wisata, maka dikenal atau disebut dengan Pantai Benteng Portugis," kata Arif'an saat dihubungi detikTravel lewat sambungan telepon, Kamis (1/10/2020).

Arif'an mengatakan, warga lebih mengenal pantai di Desa Ujungwatu adalah Pantai Benteng Portugis. Namun warga setempat juga menyebut pantai tersebut dengan nama Pantai Ujungwatu. Karena letak pantai tersebut di Desa Ujungwatu.

"Kalau nama lain dari Pantai Benteng Portugis ya Pantai Ujungwatu sesuai dengan nama desa," ujar dia.

Pantai di Jepara.Pantai ini terletak di Jepara (Dian Utoro/detikTravel)

Terpisah, Kabid Kominfo pada Dinas Kominfo Jepara, Wahyanto mengatakan, pantai di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, memang dikenal dengan sebutan nama Pantai Benteng Portugis. Nama itu tidak lepas karena di sana terdapat benteng yang digunakan Portugis pada saat itu.

"Karena sekitar 10 tahun Portugis menetap di benteng tersebut dan pantai itu berdampingan hidup dengan pribumi. Pribumi saat itu mengenalnya benteng atau Pantai Portugis," terang Wahyanto saat dimintai konfirmasi detikTravel terpisah.

Wahyanto mengatakan, keberadaan Benteng Portugis ada sejarahnya sendiri. Menurutnya Benteng Portugis dibuat oleh Kerajaan Mataram Islam pada masa Pemerintahan Prabu Sultan Agung Hanyokrokusumo dengan tujuan agar VOC tidak dapat mendarat di pantai Utara Jawa saat itu.

"Benteng itu sebenarnya yang membuat adalah Mataram Islam pada masa pemerintahan Prabu Sultan Agung Hanyokrokusumo dengan tujuan agar VOC tidak dapat mendarat di Pantai Utara Jawa saat itu," jelas dia.

Pantai di Jepara.Kondisi normal (Dian Utoro/detikTravel)

Namun, karena perjanjian antara Mataram Islam dengan Portugis benteng tersebut ditempati Portugis. Benteng Portugis dibangun pada tahun 1632 dan ditempati Portugis Portugis pada tahun 1642.

"Sultan Agung mengadakan perjanjian bersama dengan Portugis yang di Malaka karena sama - sama menjadi musuh VOC. Mataram Islam yang membuat benteng tapi yang menempati tentara Portugis. Tahun 1632 M dibangunnya tapi tahun 1642 M Portugis di Malaka diserang VOC, angkat kakilah Portugis dari benteng membantu ke Malaka," terang dia.

Itulah sejarah di balik nama Pantai Benteng Portugis di Jepara. Semoga bisa menjawab rasa penasaran traveler sekalian.



Simak Video "Heboh Air Laut di Pantai Jepara Surut, Begini Penjelasan BPBD"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA