Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Okt 2020 17:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Warung Abah Wardja di Cirebon, Seperti Balik ke Era Tahun 90-an

Sudirman Wamad
detikTravel
Wisata kuliner di Cirebon
Foto: Warung Abah Wardja di Cirebon (Sudirman Wamad/detikcom)
Kabupaten Cirebon -

Warung Abah Wardja jadi salah satu wisata kuliner yang patut dijajal traveler di Cirebon. Suasana di warung ini seperti balik ke era tahun 90-an.

Bagi traveler yang berwisata di Cirebon, Jawa Barat, Warung Abah Wardja 90-an menyuguhkan menu tradisional yang menggugah nafsu makan.

Restoran berkonsep klasik atau zaman dulu ini berada di Jalan Soekarno-Hatta, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Perabotan Warung Abah Wardja 90-an terbilang klasik. Kayu jati, petromaks, dan pernak-pernik lainnya menandakan khas tahun 90-an.

Pemilik Warung Abah Wardja 90-an Heru Abdi Yudha sengaja memilih menyajikan menu tradisional dengan nuansa restoran yang klasik. Mayoritas menu yang disajikan adalah aneka rebusan, seperti pisang, kacang, sukun, talas dan lainnya.

Wisata kuliner di CirebonWarung Abah Wardja, wisata kuliner di Cirebon Foto: Sudirman Wamad/detikcom

Kendati demikian, Heru tetap menyajikan pilihan bagi pengunjung yang ingin menikmati aneka menu gorengan. Warung Abah Wardja 90-an juga menyajikan aneka wedang.

"Ada bajigur, wedang jahe, bandrek, teh dan lainnya. Untuk menu makanannya juga tradisional, ada sayur asem, sayur cabai hijau, pepes, asinan dan lainnya," kata Heru saat berbincang dengan detikcom, Minggu (11/10/2020).

Heru memilih konsep dapur terbuka. Pengunjung dapat menyaksikan langsung proses pembuatan makanan dan minumannya. Posisi dapurnya berada di bagian depan. Proses memasaknya menggunakan tungku dan kayu bakar, menguatkan kesan klasik di wisata kuliner ini.

"Pekerja di sini juga mengenakan pakaian zaman dulu. Lokasi warung ini berada di pinggiran kota. Jadi, kesan pedesaan dan zaman dulunya sangat terasa," kata Heru.

Wisata kuliner di CirebonSuasananya era tahun 90-an Foto: Sudirman Wamad/detikcom

Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan alunan musik 1990-an. Hamparan sawah di sekitar warung juga seolah menambah kesan tradisional di wisata kuliner ini.

Jika cuaca cukup cerah, maka pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Gunung Ciremai di sebelah kanan Warung Abah Wardja 90-an. Mengenai harga makanan dan minumannya, Heru memastikan ramah di kantong pengunjung. Setiap menu makanan dan minuman hanya dibanderol Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu per itemnya.

"Konsepnya ala carte, pengunjung bisa memilih menu sendiri, dan hanya membayar yang disantapnya," kata Heru di Cirebon.



Simak Video "Pepes Rajungan, Kuliner Boga Bahari Khar Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA