Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Okt 2020 12:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

One Stop Nongkrong di Bandung, Galeri Seni Terbesar Jadi Tempat Ngopi

Siti Fatimah
detikTravel
Lawang Wangi Creative Space Bandung
Lawang Wangi Creative Space Bandung Barat (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung Barat -

Bandung tak kekurangan tempat nongkrong atau ngopi yang unik. Berikut ini rekomendasi tempat nongkrong gabungan dari dua konsep, galeri seni dan kafe.

Adalah Lawang Wangi Creative Space namanya. Permata ini tersembunyi di tengah perbukitan Bandung, tempat seni yang dikurasi bertemu dengan kuliner yang nikmat.

Galeri seni ini disebut sebagai galeri terbesar yang ada di Bandung. Ruang kreasi Lawang Wangi menjadi wadah bagi para kreasi kreatif, baik bagi seniman senior hingga para seniman muda.

Lokasinya yang jauh dari perkotaan membawa daya tarik tersendiri. Sepanjang perjalanan, traveler akan melihat pemandangan alam dan udara yang sejuk lagi asri. Lokasi tepatnya ada di Jalan Giri no. 99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Di Lawang Wangi Creative Space, pengunjung akan disuguhkan karya seni kontemporer. Jika beruntung saat berkunjung ke sana, traveler bisa melihat karya seni maestro di Indonesia.

Finance Art Managemen Lawang Wangi, Artsociates Yori, mengatakan tempatnya sudah dibuka pada 2012 lalu. Sudah banyak pameran, diskusi, dan lokakarya ratusan seniman lokal maupun mancanegara tersaji di sana.

Puncaknya saat gelaran event Bandung Contemporary Art Awards sebagai bentuk penghargaan tahunan untuk mendorong seniman muda berbakat.

Lawang Wangi Creative Space BandungLawang Wangi Creative Space Bandung (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

"Jadi seniman-seniman baru yang ingin terjun ke kontemporer bisa ikutan lomba disitu terus biasanya mereka jadi keliatan. Atau kita merasa karyanya cukup oke kita bisa jadiin representatif, mereka dibiayain dan karyanya diwakilkan oleh kita," kata Yori saat ditemui detikTravel, Kamis (22/10/2020).

Dia mengatakan, ajang tersebut menjadi ajang terbesar di Indonesia untuk mencari bakat-bakat seniman muda dan penghargaan bagi seniman-seniman lain. Saat ini terdapat pameran hasil karya Eddy Sasonto terpampang di setiap penjuru ruangan.

Setiap hasil karya memiliki daya tarik tersendiri misalnya seperti lukisan R.A Kartini dan Pramodya Ananta Toer. Eddy Sasonto membuatnya dengan menggunakan serpihan huruf-huruf kapital berbahan dasar kayu. Pastikan untuk tidak melewati kunjungan ke Lawang Wangi saat wisata di Bandung.

Selama pandemi, Lawang Wangi pun sempat tutup namun pameran tetap berlangsung dengan tanpa menghadirkan acara ceremony dan itu pun digelar secara virtual. Setidaknya sudah ada dua kali pameran dengan sistem virtual.

"Jadi kita pake virtual party, mereka bisa mengunjungi pamerannya secara virtual seperti main game. Tapi memang tidak sama dengan saat melihat langsung," ujar Yori.

Bagi yang berminat pada hasil karya yang dipajang, pengunjung juga bisa mengapresiasi dengan membeli karya tersebut. Kisaran harga untuk seniman muda sekitar Rp 1 juta hingga Rp 10 juta. Untuk karya seni Eddy Sasonto yang sedang dipajang harganya sudah kisaran ratusan juta rupiah.

Lawang Wangi Creative Space BandungLawang Wangi Creative Space Bandung (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

Cafe Colaborea dan jadwal buka Lawang Wangi Creative Space

Di lantai dua, traveler juga akan menemukan Cafe Colaborea. Di sana terdapat berbagai macam menu makanan dan minuman. Menariknya, setiap enam bulan sekali mereka akan mengubah koki dan menunya memiliki kurator tersendiri.

"Jadi makanannya itu dikolaborasi gitu, ganti chef dan tipe makanan. Jadi yang sekarang itu temanya olahan singkong dan jamur. Setiap enam bulan ganti akan ada koki baru dan tipe baru," kata Yori.

Jam buka Lawang Wangi dari pukul 10.00-21.00 WIB dari hari Selasa sampai Minggu. Fasilitas yang tersedia juga lengkap mulai dari lahan parkir, toilet, dan tak lupa protokol kesehatan COVID-19 juga diterapkan di sini.



Simak Video "Sajian Kopi Rempah Sambil Tonton Kendaraan Militer di Cimahi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA