Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Okt 2020 10:27 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 6 Destinasi Wisata Alam yang hits di Sumedang

Muhamad Rizal
detikTravel
Destinasi wisata di Sumedang
Agrowisata Nangorak Camp Sumedang (Foto: Disbudparpora Sumedang)
Sumedang -

Sebentar lagi tiba saatnya libur panjang cuti bersama. Jika masih bingung untuk mencari tempat wisata, Kabupaten Sumedang punya enam destinasi wisata yang sedang hits.

Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang cocok untuk disinggahi. Apa saja?

Berikut rekomendasi lima tempat wisata hits di Kabupaten Sumedang tahun 2020 versi detikTravel:

1. Mata Air Sirah Cepelang

Tempat wisata mata air sirah Cepelang tepatnya di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, memang sudah ada sejak lama, bahkan wisata satu ini sempat menjadi tempat wisata yang pqling hits di Sumedang, karena keindahan yang dimilikinya.

Sampai saat ini pun, tempat wisata yang satu ini masih menjadi perbincangan hangat di media sosial, apalagi bagi kalian yang suka dengan keindahan.

Destinasi wisata di SumedangMata Air Sirah Cipelang di Sumedang (Foto: Disbudparpora Sumedang)

ini tepat berada di pegunungan Tampomas, sehingga kita dapat menikmati keindahan alamnya yang sejuk dan segar karena dikelilingi banyak pohon besar.

Selain itu, jika kita menyelam kedalam air, maka ada sensasi yang menyegarkan karena air tersebut berasal dari mata air pegunungan.

Air yang begitu jernih dengan banyak ikan di dalamnya, sehingga sangat cocok menjadi spot foto underwater yang keren abis.

Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah dan asri, biaya untuk masuk ke Mata Air Sirah Cipelang pun sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 5.000 dan biaya parkir sebesar Rp 2.000.

2. Agrowisata Nangorak Camp

Kabupaten Sumedang memang menyimpan banyak lokasi wisata alam yang sangat luar biasa, sebab kabupaten ini memang tepat berada di lingkup pegunungan.

Berbicara soal gunung, di ketinggian perbukitan di kawasan Gunung Kareumbi, tepatnya di sebelah timur laut Gunung Kareumbi terdapat tempat wisata NangorakCamp. Diatas pegunungan ini, kita dapat berkemah sambil melihat indahnya hamparan kawasan kota Sumedang.

Namun Pemandangan akan terlihat lebih indah ketika suasana menjelang malam atau menjelang pagi.

Destinasi wisata di SumedangAgrowisata Nangorak Camp di Sumedang (Foto: Disbudparpora Sumedang)

Untuk itu, bagi warga net yang hoby pecinta alam dan juga pendaki gunung, NangorakCamp bisa menjadi salah satu tujuan yang cocok karena didukung dengan suasana alamnya.

Selain sebagai tujuan wisata berkemah, NangorakCamp juga bisa dijadikan tujuan untuk berwisata alam. Untuk lokasinya pun tidak jauh dari kawasan perkotaan, sehingga memudahkan wisatawan dalam menjangkau kawasan perbukitan dengan elevasi bervariasi antara 830 hingga 1.060 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk biaya masuknya pun sangat murah, dengan biaya Rp 5000 kita dapat kepuasan tersendiri

3. Eco Green Park Kampung Karuhun

Tidak kalah menarik dengan wisata alam lainnya, Kampung Karuhun yang berada tepat di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini menyajikan berbagai wahana dan pemandangan alam yang indah bagi keluarga.

Kampung Karuhun sendiri bisa dikatakan sebagai destinasi wisata terpadu dengan konsep Eco Green Park, sehingga ketika kita berkunjung ke tempat wisata ini, kita akan dibawa menikmati nuansa alam yang sangat kental.

Obyek wisata ini juga menawarkan beragam wahana modern yang dipadukan dengan suasana alami pegunungan dan budaya kearifan lokal. Perpaduan tersebut menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan.

Destinasi wisata di SumedangDEco Green Park Kampung Karuhun di Sumedang (Foto: Disbudparpora Sumedang)

Selain menyuguhkan panorama alam yang tenang dan asri, di Kampung Karuhun ini telah dilengkapi berbagai wahana permainan menarik seperti.

1. Futsal Lumpur
2. Sky Swing
3. River Tubing
4. Waterboom
5. Zip Bike
6. Marak Laut (Menangkap Ikan)
7. Sewa ATV atau kendaraan Offroad
8. Wisata Petualangan

Selain dilengkapi wahana permainan, disini juga terdapat fasilitas Sky Tea House, tempat yang asyik untuk minum secangkir teh hijau yang diproses langsung secara tradisional, kemudian di suguhi makanan tradisional seperti ubi, pisang, kacang, dan singkong rebus ala di kampung.

Selain itu, ada juga Saung Budaya, yang merupakan tempat menikmati pagelaran seni tradisional yang ditemani dengan makanan Nasi Liwet dan Nasi Cobek.

Selain itu, pengunjung juga akan dapat merasakan serta melihat secara langsung kesejukan aliran Sungai Cihonje. Bersumber langsung dari mata air pegunungan, air dari sungai tersebut mengalir di sekitar lokasi kampung Karuhun. Jadi obyek wisata ini memang benar-benar di konsep seperti suasana di perkampungan.

Nah bagi pengunjung yang ingin bermalam, tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan penginapan bernama Bale Awi yang mengusung tema barak, sehingga tidak ada pembatas untuk tempat tidurnya karena hal itu agar pengunjung dapat menikmati kebersamaan bersama kerabat ataupun keluarga.

Harga tiket untuk masuk ke Kampung Karuhun ini kita cukup membayar Rp 20.000 bagi orang dewasa, dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Untuk biaya penginapan mulai dari Rp 120.000 sampai Rp1.700.000 per malam.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA