Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Okt 2020 07:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hal-hal Menarik dari Puncak Bogor, Ada Aturan Tak Tertulis Juga

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Sate Maranggi Mang Agus Puncak Bogor
Sistem satu arah di Puncak Bogor (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Bogor -

Kawasan Puncak, Bogor memiliki berbagai hal menarik untuk diketahui. Setidaknya ada empat poin yang menjadi daya tariknya, salah satunya mengenai aturan tak tertulis buka tutup jalan.

Kawasan Puncak, Bogor menjadi primadona traveler ibu kota di saat akhir pekan dan cuti bersama. Boleh dibilang, area itu menawarkan paket komplet buat pelancong.

Hawa sejuk, kuliner legendaris dan kekinian, view menawan, beragam tempat wisata, juga curug, dan gunung. Selian itu, ada hal-hal yang juga menjadikan kawasan itu makin khas.

Berikut rangkuman dari pengalaman detikTravel merangkum hal-hal menarik di Puncak, Bogor setelah momen liburan seharian penuh saat cuti bersama.

1. Sistem buka tutup jalan Puncak

Pengaturan buka tutup jalan di Puncak memang jadi hal yang menarik dan jadi aturan tak tertulis. Ketika diberlakukan, entah berdurasi selama 1-2 jam tergantung kepadatan, satu lajur jalan entah itu yang naik atau turun pasti mengalami kepadatan luar biasa.

Tak jarang kita menyebutnya dengan macet total. Namun ada sisi lain yang perlu diketahui.

Apa itu? Misal ada pengaturan satu arah ke Jakarta dari kawasan Megamendung, maka daerah di atasnya akan diberlakukan satu arah ke Puncak Pass, atau kebalikannya.

Kondisi lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor.Kondisi lalu lintas di Puncak Bogor hari kedua cuti bersama (Foto: M Solihin/detikcom)

Jadi, ada dua pengaturan sistem satu arah ini. Sistem satu arah akan mengurai padatnya kendaraan dari Megamendung ke bawah dan dari Cisarua ke atas.

Jika terjadi sebaliknya, misal Anda sedang makan di Cisarua dan terjadi sistem satu arah ke bawah, maka Anda harus menunggu lalu lintas ke atas dibuka kembali. Sistem ini tak berlaku untuk motor.

Bagaimana Anda mengetahui jalur dibuka atau ditutup kembali? Perhatikan jalanan dan biasanya rombongan polisi bersirene akan mengawal pembukaan atau penutupan.

2. Joki jalur alternatif Puncak

Menyambung pada poin pertama, sistem buka tutup ini juga melahirkan adanya joki jalur alternatif. Mereka akan mengantar wisatawan sampai ke Cisarua atau tempat tujuan lain.

Biasanya, ketika buka tutup dimulai di Simpang Gadog, para joki ini akan menawarkan jasanya. Mereka dapat dengan mudah dijumpai di keluar pintu Tol Ciawi hingga Simpang Gadog.

Joki jalur alternatif ke Puncak ini biasa mematok tarif sebanyak Rp 50-20 ribu. Tergolong murah jasanya dan biasanya mereka hanya bisa mengantar dua kali saja.

Hal-hal menarik wisata Puncak Bogor >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Wisatawan Bisa Gandeng Joki ke Puncak Lewat Jalur Alternatif"
[Gambas:Video 20detik]

BERITA TERKAIT
BACA JUGA