Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Okt 2020 06:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pengalaman Naik Pesawat Jakarta-Malang saat Cuti Bersama

Putu Intan
detikTravel
Pengalaman Naik Pesawat Jakarta-Malang saat Cuti Bersama
Bandara Abdulrachman Saleh Malang. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Naik pesawat Jakarta-Malang terasa berbeda saat pandemi. Protokol kesehatan harus dipatuhi namun tak menyurutkan antusiasme penumpang untuk bepergian.

Momen libur cuti bersama Oktober 2020 dimanfaatkan masyarakat untuk jalan-jalan baik di dalam maupun ke luar kota. Salah satu destinasi yang diminati traveler adalah Kota Malang, Jawa Timur.

Dari Jakarta menuju Malang, traveler dapat memanfaatkan beberapa pilihan moda transportasi. Bisa dengan mobil, kereta api, atau pesawat.

detikTravel sendiri berkesempatan menyambangi Kota Malang menggunakan pesawat. Meski jadwal penerbangan adalah pukul 07.30 WIB, detikTravel telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma sejak pukul 05.00 WIB.

Datang beberapa jam sebelum jadwal penerbangan amat penting dilakukan saat ini, ya traveler. Sebab sebelum boarding, traveler harus melewati sejumlah pengecekan dokumen sebagai syarat terbang di masa pandemi.

Pertama, traveler harus menuju counter pemeriksaan hasil tes rapid atau PCR. Di sana traveler wajib menunjukkan bukti tes negatif untuk selanjutnya ditandatangani petugas dan diberi cap.

Pengalaman Naik Pesawat Jakarta-Malang saat Cuti BersamaRuang tunggu bandara yang lebih sepi dari biasanya. Foto: Putu Intan/detikcom

Pada saat itu, traveler juga diingatkan untuk mengunduh aplikasi eHac. Aplikasi eHac ini dikelola Kementerian Kesehatan yang berfungsi untuk memantau mobilitas dan status kesehatan traveler ketika bepergian antar kota dan antar negara.

Setelah itu, traveler diizinkan untuk masuk ke area check-in. Tapi sebelumnya, traveler akan bertemu dengan petugas lainnya yang akan memeriksa bukti tes dan tiket pesawat.

Jika sudah, traveler akan dicek suhu tubuhnya. Barulah traveler diizinkan menuju counter check-in.

Check-in saat ini pun sudah menggunakan sistem online. Jangan khawatir, traveler akan dipandu petugas untuk mengisinya. Jika sudah, traveler akan mendapatkan boarding pass secara online, tidak lagi berupa kertas.

Selanjutnya>>> Suasana Boarding

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dRooftalk
×
Saat Militer Lucuti Baliho
Saat Militer Lucuti Baliho Selengkapnya