Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Nov 2020 11:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Satu Lagi Air Terjun di Bogor: Curug Rahong

Bekti Yustiarti
detikTravel
Curug Rahong di Bogor
Curug Rahong di Bogor ada di kawasan tambang pasir. (Bekti Yustiarti/d'Traveler)
Bogor -

Curug Rahong di Bogor ini spesial. Curug ini tersembunyi di kawasan tambang pasir.

Bogor memang memiliki banyak wisata alam, termasuk curug atau air terjun. Salah satunya, Curug Rahong yang berada di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Provinsi Banten.

Curug Rahong bak oase di kawasan pertambangan pasir yang gersang. Makanya, traveler jangan heran saat menuju lokasi berpapasan dengan truk-truk pengangkut pasir dan bebatuan.

Untuk menuju curug ini, jalanan agak rusak karena kerap dilalui kendaraan bermuatan berat. Tetapi, jalur masih dapat dilalui dengan mudah.

Untuk menuju curug ini pengunjung dapat mengikuti petunjuk dengan google map. Sesampainya di pintu masuk kampung akan diarahkan oleh warga sekitar untuk memarkir kendaraan.

Curug Rahong di BogorCurug Rahong di Bogor Foto: Bekti Yustiarti/d'Traveler

Curug Rahong ini masih dikelola oleh karang taruna warga sekitar.

Dari parkiran kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 1.5 km. Jangan dibayangkan kenapa masih harus berjalan kaki, nikmati saja. Keseruan menyusuri gang-gang di perkampungan warga, melewati jembatan, menyusuri tepi sawah, dan melewati jalan setapak yang asyik sekaligus olahraga.

Suara gemercik air perlahan mulai terdengar, pertanda lokasi air terjun sudah dekat. Harus berhati-hati saat melintasi aliran sungai dengan batu-batu yang licin.

Sesampainya di bawah air terjun pengunjung dapat langsung merasakan kesegaran air terjun sepuasnya. Banyak batu besar yang dapat digunakan untuk duduk-duduk santai sambil menikmati secangkir kopi atau mie instan panas.

Jadi, jangan lupa membawa perbekalan yang pas, termasuk trangia atau alat masak yang praktis saat menuju Curug Rahong.

***

Pembaca detikcom bisa berbagi pengalaman traveling di sini.



Simak Video "Liburan di Kuntum Farm Field, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT