Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Nov 2020 22:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

The Power of Emak-emak, Kebun Bambu Disulap Jadi Obyek Wisata

Bima Bagaskara
detikTravel
Wisata Kreatif Marerang
Wisata Kreatif Marerang di Majalengka, Jawa Barat Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Majalengka punya sebuah obyek wisata yang dibangun sama emak-emak. Inilah Wisata Kreatif Marerang.

Para emak-emak di Dusun Iser, Desa Leuwimunding, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, patut mendapat apresiasi. Itu karena mereka mampu menyulap sebuah kebun bambu menjadi tempat wisata yang unik.

Kebun bambu seluas kurang dari 1 hektare ini disulap para emak-emak di Dusun Iser menjadi tempat wisata unik yang diberi nama Wisata Kreatif Marerang.

Dibantu para suami dan anaknya, emak-emak Dusun Iser secara bergotong-royong membangun Wisata Kreatif Marerang. Selama dua bulan emak-emak ini menata kebun bambu yang tadinya biasa saja menjadi punya daya tarik tersendiri.

Wisata Kreatif MarerangWisata Kreatif Marerang Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Wiwin Nurwianti (35) salah seorang inisiator Wisata Kreatif Marerang mengatakan ide awal dibuatnya wisata Marerang didasari dengan adanya kasus pembunuhan yang terjadi di dusun tersebut pada Juli 2020 lalu.

"Saat itu dusun ini namanya sudah tidak bagus lagi karena ada kasus pembunuhan. Kemudian waktu acara pengajian ibu-ibu, muncul ide untuk membuat wisata ini," ungkap Wiwin saat ditemui di lokasi Wisata Kreatif Marerang Minggu (8/11/2020).

Setelah ide itu muncul, Wiwin bersama emak-emak lainnya dan dibantu para remaja di Dusun Iser mulai menata lahan bambu dengan membuat tempat duduk, melukis boboko hingga hiasan-hiasan lainnya.

"Pengerjaannya dibantu anak-anak disini karena mereka sedang belajar daring jadi kita ajak untuk ikut menata tempat ini. Selama dua bulan lebih kami semua yang ada di Dusun Iser gotong royong hingga Wisata Kreatif Marerang ini selesai," katanya.

Wisata Kreatif MarerangWisata Kreatif Marerang Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Sebelum menjadi tempat wisata lahan bambu yang ada di Dusun Iser, Desa Leuwimunding itu hanyalah lahan bambu biasa yang jarang terdapat aktivitas warga.

Namun saat ini, lahan bambu itu telah berubah menjadi tempat wisata kreatif yang terdapat banyak fasilitas seperti spot foto yang Instagramable, area edukasi hingga warung-warung.

Ada juga kain putih besar yang sengaja dipasang untuk menampung unek-unek dari pengunjung yang datang. Para pengunjung yang datang ke Wisata Kreatif Marerang untuk saat ini belum dikenakan tarif masuk.

"Di Wisata Kreatif Marerang ini ada spot-spot foto, ke depan juga akan dibuat pusat kerajinan jadi pengunjung bisa melihat pembuatan boboko dan kerajinan lainnya disini," lanjut Wiwin.

Wiwin juga mengatakan dengan adanya Wisata Kreatif Marerang ini dapat meningkatkan perekonomian warga Dusun Iser di tengah pandemi covid-19.

"Harapannya dengan Wisata Kreatif Marerang ini uang itu bisa datang sendiri untuk masyarakat mengingat di masa pandemi ini ekonomi disini menurun," pungkasnya.



Simak Video "Uniknya Menu Rujak Bakso di Majalengka"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA