Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Nov 2020 20:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Segarnya Fosco, Minuman Legendaris dari Kota Malang

Putu Intan
detikTravel
Bikin Kangen! 9 Kuliner Legendaris Ini Wajib Dicoba Saat Liburan ke Malang
Minuman fosco di Depot Hok Lay Malang. (Foto: Istimewa)
Malang -

Kota Malang dikenal punya segudang kuliner yang lezat. Salah satunya fosco, es susu coklat yang legendaris. Begini rasanya.

Jalan-jalan ke Kota Malang memang belum lengkap bila tak mencicipi kuliner khasnya. Jika biasanya wisatawan akan menikmati bakso Malang dan es campur, saya mencoba kuliner lainnya yang tak kalah legendaris yakni minuman fosco.

Minuman fosco termasuk minuman hits yang kerap diperbincangkan di media sosial. Menurut perbincangan netizen, minuman ini sebenarnya adalah es susu cokelat yang disajikan di botol Coca Cola versi lawas. Konon, fosco memiliki rasa yang unik.

Depot Hok Lay MalangDepot Hok Lay Malang. Foto: Putu Intan/detikcom

Untuk menemukan minuman fosco ini, saya harus menelusuri kawasan Pasar Besar. Pasar Besar merupakan salah satu spot yang menyuguhkan nuansa tempo dulu dari Kota Malang.

Di sana terdapat berbagai toko dan rumah makan yang telah berdiri selama puluhan tahun. Salah satunya rumah makan yang menjual minuman fosco ini yang bernama Depot Hok Lay.

Depot Hok Lay terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan 10, Klojen, Kota Malang. Depot ini berukuran mungil namun terlihat menonjol dibandingkan bangunan di sekitarnya karena desain vintage-nya.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, depot ini sudah berdiri sejak 1946. Saat ini yang menjalankan bisnisnya adalah generasinya yang ketiga.

Nah, memasuki depot itu, saya langsung disambut pemiliknya. Berbeda dengan restoran pada umumnya, di sini pemiliknya masih terjun langsung untuk melayani pelanggan.

Tanpa menunggu, saya langsung memesan minuman fosco. Selain itu, saya juga memesan menu andalan lainnya yakni cwie mie dan lumpia goreng.

Depot Hok Lay MalangFosco (Foto: Putu Intan/detikcom)

Tak butuh waktu lama, pesanan pun datang. Pertama, saya mencoba fosco yang legendaris itu. Rasanya segar, manis, dan tidak bikin enek. Terang saja karena fosco merupakan minuman homemade yang terbuat dari campuran susu sapi murni, coklat, dan gula.

Selanjutnya: rasa menu lainnya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA