Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Nov 2020 21:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Batukaras Indah Tiada Habisnya

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pantai Batukaras di Pangandaran
Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Membahas pesona Pantai Batukaras Pangandaran seakan tak ada habisnya. Pantai yang terletak sekitar 30 kilometer arah barat pantai Pangandaran ini selalu menyuguhkan keindahan dan kenangan tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Banyak wisatawan lokal atau turis asing yang justru lebih kerasan berwisata ke pantai ini. Salah satunya karena karakteristik ombak Pantai Batukaras yang sangat mendukung untuk kegiatan berselancar atau surfing.

Banyak peselancar profesional yang mengakui serunya ombak dan keindahan Pantai Batukaras. Selain itu pantai Batukaras juga dikenal dengan keindahan pantainya yang alami dengan suasana yang tidak terlalu hiruk pikuk.

Pantai Batukaras pun tampak lebih biru, sehingga lebih instagramable untuk lokasi foto-foto.

"Saya lebih senang ke Batukaras, karena pantainya tidak terlalu ramai. Kemudian daya tarik lainnya, mayoritas penginapan di sini konsep desainnya tradisional. Membuat betah, karena lebih mengarah ke resort di kampung pesisir," kata Euis Mardiani, wisatawan asal Bandung, Jumat (13/11/2020).

Pantai Batukaras di PangandaranPantai Batukaras di Pangandaran Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Namun demikian diakuinya, lokasi Pantai Batukaras yang lumayan jauh dari pantai Pangandaran cukup merepotkan. "Sering berdebat sama anak-anak, kan mereka maunya di pantai Pangandaran. Mungkin karena ramai banyak jajanan, pantai tempat berenangnya panjang. Sementara orang tuanya lebih betah di Batukaras. Jadi kalau jatah liburannya 2 malam, di sini satu malam di Pangandaran satu malam," kata Euis.

Pantai Batukaras di PangandaranPantai Batukaras di Pangandaran Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Elin pengelola salah satu penginapan di pantai Batukaras mengatakan tren hotel atau penginapan dengan desain tradisional atau konsep back to nature di Batukaras sudah berlangsung lama. Tren ini sebagai respon selera wisatawan Batukaras.

"Kalau di Batukaras banyak turis asing, karena pantai ini cocok untuk surfing. Nah untuk penginapan biasanya mereka lebih suka yang bertema alam, makanya banyak pengelola hotel di sini yang menyesuaikan," kata Elin.

Elin berharap pembangunan jalan lintas pantai dari Pangandaran, Batuhiu, Batukaras sampai ke pantai Madasari bisa segera dirampungkan. Karena konektivitas seluruh wisata pantai di Kabupaten Pangandaran itu akan membuat akses wisatawan menjadi lebih cepat.

"Mudah-mudahan bisa segera selesai. Sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke Pantai Batukaras semakin meningkat. Karena dengan adanya jalan lintas pantai akses jadi lebih cepat," kata Elin.

(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA