Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Nov 2020 18:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menikmati Malam nan Syahdu di Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Deny Prastyo Utomo
detikTravel
Pantai Rajegwesi Banyuwangi
Malam di Pantai Rajegwesi. (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta -

Pesona pantai selatan di Kabupaten Banyuwangi memang menarik untuk didatangi oleh traveler. Salah satunya di Pantai Rajegwesi yang masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, keindahan alamnya sangat sayang untuk dilewatkan.

Saat detikcom, mencoba berkunjung ke kawasan tersebut bersama dengan pegiat media sosial di Jawa Timur yang ikut dalam kegiatan Edu wisata Adventure yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selama 17-20 November 2020, pengalaman berpetualang cukup menarik di situ.

Betapa tidak, dalam petualang yang menerapkan protokol kesehatan, para peserta diminta mendirikan tenda satu orang satu tenda. Waktu menjelang malam pun tiba, view langit nan indah efek dari matahari terbenam terlihat dibalik perbukitan kawasan Pantai Rajegwesi. Apalagi dilokasi tersebut juga disediakan ayunan dan warung makan.

Pada malam hari pun, bintang-bintang terlihat jelas, dan suara deburan ombak menambah nikmatnya malam. Di lokasi tersebut juga sudah difasilitasi oleh wifi, mushola, toilet serta kedai makan. Jadi bermalam di tenda dan mengunggah hasil hunting foto di sana bisa terobati.

Pantai Rajegwesi BanyuwangiPantai Rajegwesi Banyuwangi. Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom

Perjalanan sendiri, waktu itu mengambil jalur dari Jember dengan menggunakan mobil Jeep, melintasi kawasan Banyuwangi di Kecamatan Genteng, Gambiran, Alas Gumitiri dilanjutkan melintasi perkebunan karet dan coklat yang berada di Kecamatan Pesanggaran. Kemudian dilanjutkan menuju Desa Sarongan dengan membutuhkan kurang lebih empat jam.

Namun lokasi tersebut bisa ditempuh dengan melintasi Jember menuju Pantai Bandealit dengan berjalan kaki melintasi kawasan Taman Nasional Meru Betiri dengan waktu 3 hari.

Salah satu peserta Jefri Mahardika asal Surabaya mengaku mendapatkan pengalaman bertualang yang menarik saat bermalam di Pantai Rajegwesi.

"Ini merupakan pengalaman yang luar biasa, jadi masing-masing peserta mendapatkan tenda satu-satu. Apalagi kita yang diminta untuk mendirikan tenda masing-masing. Jadi sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat,"kata Jefri.

Pantai Rajegwesi BanyuwangiPantai Rajegwesi Banyuwangi. Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom

Jefri menambahkan suasana Pantai Rajegwesi sangatlah asri nan hijau. Terlebih kondisi pantai yang bersih dan masih alami. Sedangkan aksesnya yang jauh dari perkotaan dan jalanan yang terjal. Ia menyarankan bagi traveller untuk menyewa mobil jeep.

"Di pantai ini juga tidak terlihat sampah dan bersih," lanjut Jefri.

Di saat pandemi ini, Jefri berharap para traveller tetap menjaga protokol kesehatan saat bertualang di Pantai Rajegwesi. Meskipun pihak pengelola sudah menjalankan protokol kesehatan.

"Tetep menerapakan 3 M, masker tetap dibawa dan juga selalu membawa hand sanitizer serta menjaga jarak. Sedangkan untuk tenda tetap diisi satu orang. Jadi tetap protokol kesehatan yang diutamakan," kata Jefri.



Simak Video "Pantai Baluran, Pemandangan Indah Laut Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA