Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Nov 2020 07:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Objek Wisata di Samosir, Selain Danau Toba Ada Apa Lagi?

Keindahan yang dimiliki Danau Toba memang tak ada habisnya. Wisatawan pun bisa melihat pesonanya dari ketinggian 1479 mdpl di Menara Pandang Tele.
Foto: Keindahan dari Objek Wisata Menara Pandang Tele (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Medan -

Danau Toba menjadi objek wisata Sumut primadona bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Ada destinasi apa lagi ya di Samosir?

Sumatera Utara memiliki alam yang indah, termasuk di kawasan Samosir. Di sana terbentang Danau Toba.

Rupanya, Samosir tidak hanya memiliki Danau Toba sebagai objek wisata yang yahud.

Berikut deretan objek wisata di kawasan Samosir:

1. Menara Pandang Tele

Keindahan Danau Toba bisa traveler saksikan lewat menara pandang tele. Memiliki tinggi sekitar 25 meter, hamparan indah keindahan alam akan terlihat.

Berlokasi di Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Menara Pandang Tele sudah berdiri sejak tahun 1988. Ada banyak pilihan spot instagramable untuk wisatawan.

Keindahan yang dimiliki Danau Toba memang tak ada habisnya. Wisatawan pun bisa melihat pesonanya dari ketinggian 1479 mdpl di Menara Pandang Tele.Keindahan yang dimiliki Danau Toba memang tak ada habisnya. Wisatawan pun bisa melihat pesonanya dari ketinggian 1479 mdpl di Menara Pandang Tele. Foto: Elmy Tasya Khairally/detikcom

2. Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan

Tanah Batak sangatlah melekat dengan kain tenunnya yang indah, ulos. Traveler yang mau melihat pembuatan ulos secara langsung bisa mengunjungi Desa Lumban Suhi-Suhi.

Lokasinya berada di Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Wisatawan akan menemui berbagai kain ulos, yang terpajang di depan rumah. Wanita yang ada di desa ini wajib bisa menenun kain ulos.

Rumah adat batak yang khas juga menjadi daya tarik wisatawan. Tak akan traveler temukan di perkotaan bukan?

kain ulos batakkain ulos batak Foto: (Tasya/detikcom)

3. Desa Huta Tinggi

Traveler yang mau saksikan tarian tor-tor bisa datang ke Desa Huta Tinggi. Menurut warga setempat, Tor-tor merupakan persembahan bagi Mulajadi Nabolon atau dewa tertinggi dalam mitologi Batak.

Tarian tersebut menggunakan berbagai alat musik, di antaranya Gondang Bolon dan Gondang Hasapi. Penduduk setempat masih begitu menjaga adat dan alat musik tradisional.

Desa Huta Tinggi juga berlokasi di Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Tari Tor-tor di Desa Huta TinggiTari Tor-tor di Desa Huta Tinggi Foto: Elmy Tasya Khairally/detikTravel

4. Huta Siallagan

Objek wisata Huta Siallagan merupakan tempat bersejarah yang menjadi saksi hukuman penggal ratusan tahun lalu. Ada pula tempat persidangan untuk menentukan hukuman bagi warga yang melanggar aturan berupa jejeran batu yang menyerupai kursi.

Huta Sillagan berlokasi di Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Selain mendengarkan cerita dari pemandu wisata, wisatawan juga diajak menari tor-tor bersama dengan mengenakan ulos.

Batu Persidangan SiallaganBatu Persidangan Siallagan Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

5. TB Silalahi Center

TB Silalahi Center memiliki dua museum, yaitu TB Silalahi dan Batak. Museum TB Silalahi akan menampilkan berbagai koleksi pribadi milik Letjen (Purn) TB Silalahi, mulai dari baju dinas, kendaraan pribadi, kendaraan RI 1 hingga perpustakaan.

Sedangkan di dalam museum batak, ada banyak koleksi peninggalan sejarah pada zaman dahulu seperti perhiasan, senjata, replika rumah adat, ulos hingga galeri sang pahlawan asal Toba, Sisingamangaraja. Lokasinya berada di Balige, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

TB SilalahiTB Silalahi Foto: (Tasya Khairally/detikcom)



Simak Video "Belajar Membuat Kain Ulos di Desa Lumbu Sui-sui Pulau Samosir Sumatera Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA