Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Nov 2020 11:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Cuma Pantai, Gunungkidul Juga Punya Candi

Candi di Gunungkidul.
Candi Risan di Gunungkidul (widhartaelyandra/d'Traveler)
Gunungkidul -

Bagi traveler pecinta budaya, daerah Semin di Gunungkidul punya candi yang mungkin jarang terdengar. Terletak di Perbatasan, namanya Candi Risan.

Candi Risan merupakan peninggalan kebudayaan Buddha yang terletak di Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Candi ini tampak secara fisik seperti sebuah situs, karena berupa reruntuhan batu-batu candi yang tertata dan berserak di sekitar candi.

Dari sekian candi dan peninggalan situs yang terdapat di sekitar Gunugkidul, hanya Candi Risan yang tampak tertata dibanding situs lainnya yang berwujud reruntuhan dan hanya berserak. Kecamatan atau Kapanewon Semin memang daerah Gunungkidul yang dekat dengan perbatasan Sukoharjo dan Wonogiri. Bahkan dalam sejarah disebutkan daerah ini dahulu juga merupakan bagian dari perbatasan dari pecahnya Keraton Surakarta dan Keraton Ngayogyakarto.

Candi di Gunungkidul.Candi ini bercorak Buddha (widhartaelyandra/d'Traveler)

Menurut keterangan yang ada di papan informasi, Candi Risan merupakan cagar budaya klasik yang dibangun sejak abad 9-10 Masehi. Terdapat dua buah candi, yaitu di sebelah utara dengan ukuran 13 X 13 meter sedangkan candi di sebelah selatan berukuran 11,5 X 11,5 meter. Candi Risan menempati lahan seluas 2.235 meter2.

Candi ini bercorak Buddha karena penemuan Arca Awalokiteswara. Arca ini pernah hilang dicuri pada tahun 1982, tapi diketemukan di Singapura. Akhirnya berhasil dibawa pulang kembali ke Indonesia. Saat ini Arca Awalokiteswara yang asli berada di Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Elyandra Widharta dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Pasca Erupsi Merapi, Terpal Penutup Borobudur Dibuka Kembali"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA