Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Des 2020 18:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Aceh Punya Wisata Air Menyegarkan di Kabupaten Pidie

Zulfan Ariansyah
detikTravel
Kolam pemandian di Kabupaten Pidie, Aceh.
Foto: (zulfanariansyah/d'Traveler)
Pidie -

Nama Kabupaten Pidie sudah cukup populer di kalangan wisatawan lokal Aceh. Di sana juga dapat dijumpai pemandian yang menyegarkan.

Adalah WP Keumala di Pidie, Aceh, salah satu destinasi berwisata bersama keluarga. Lokasi yang persis di sekitaran bendungan Keumala ini memiliki beberapa kolam pemandian yang dipisah antara wanita dan laki-laki serta juga ada kolam pemandian untuk anak -anak.

Dari informasi yang didapat, Keumala yang sebelumnya bernama Titeue Keumala adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pidie, Aceh.

Kecamatan Keumala berbatasan dengan Kecamatan Tangse, Pidie di bagian selatan, Titeue, Pidie utara, pegunungan Jantho, Aceh Besar di bagian barat, dan Tiro di bagian timur yang terkenal dengan berasnya yang enak dan air yang bersih.

Kolam pemandian di Kabupaten Pidie, Aceh.Kolam pemandian di Kabupaten Pidie, Aceh (zulfanariansyah/d'Traveler)

Sebelumnya, kecamatan ini bernama lengkap Titeue/Keumala, berbatasan dengan Kecamatan Sakti. Namun, pada akhir tahun 2008 Titeue di Pidie menjadi sebuah kecamatan tersendiri.

Menurut sejarah orang dulu, nama Keumala diberikan kepada kecamatan ini karena cahaya berwarna senja yang memantul ke langit yang keluar dari sebuah kolam di Desa Jijiem di sore hari setelah hujan. Karena Keumala itu sendiri berarti cahaya.

Keumala terkenal dengan sumber daya alam berupa beras dan air bersih. Kecamatan ini merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Pidie. Sungai dan pegunungan di pemukiman Keumala Dalam juga sering dijadikan objek wisata warga Pidie dan warga di luar Kabupaten Pidie.

Kolam pemandian di Kabupaten Pidie, Aceh.Nuansa asri di sekitar kolam (zulfanariansyah/d'Traveler)

Di daerah ini layak dikembangkan wisata air. Salah satunya adalah tempat wisata Proyek yang berada di Desa Ugadeng. Saat traveler berkunjung di WP Keumala, hanya dipungut harga tiket Rp.10.000 saja baik anak maupun dewasa. Kebetulan cuaca sedang hujan gerimis, sehingga tampak sedikit sepi dan tak seperti biasanya.

Di sini juga terdapat rinyeun sireutoh dan menjadi pusat irigasi di Kabupaten Pidie. Kecamatan Keumala juga pernah menjadi pusat Kerajaan Aceh tahun 1873-1903 saat Belanda menguasai Kutaraja.

Selain itu masih banyak hal -hal menarik lainnya terdapat di Keumala ini, tentunya dengan tema yang lain pula. Untuk menjangkau lokasi ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 30 menit dari Kota Sigli atau sekitar tiga jam dari kota Banda Aceh.

Ayo berwisata dengan tetap mentaati protokol kesehatan dan keselamatan dalam berkendaraan.
---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Zulfan Ariansyah dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Kari Bebek dan Mie Aceh Seafood Sambil Lihat Sunset"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA