Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Des 2020 06:44 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Suku Asli Akit di Rupat Utara

Orang akit atau orang akik merupakan kelompok masyarakat yang tinggal di kawasan Rupat, Riau. Seperti apa kehidupan mereka di salah satu pulau terluar RI itu?
Suku Akit Atas di Desa Titi Akar, Rupat Utara (Pradita Utama/detikTravel)
Bengkalis -

Menjadi salah satu pulau terluar, Pulau Rupat juga memiliki suku asli yang disebut sebagai yang pertama di sana. Mari kita mengenal mereka lebih jauh.

Banyak ditemui di Kecamatan Rupat Utara, Suku Akit menjadi salah satu kearifan lokal yang mendiami bagian Utara Pulau Rupat. Menyebut pulau terluar Riau itu, tak lengkap tanpa menyebut Suku Akit.

Dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh BRI, detikTravel juga berkesempatan melakukan kunjungan menemui Suku Akit di Pulau Rupat. Masyarakat Suku Akit hidup menyebar di sejumlah kecamatan di Rupat Utara dan menjadi 1 dari 7 suku yang mendiami Pulau Rupat.

"Menariknya di Rupat Utara ini kita bukan hanya Suku Melayu, tapi juga ada suku-suku lain yang termasuk mayoritas juga, Suku Akit. Paling banyak di daerah Titi Akar, daerah Utan Ayu Desa Sukadamai, Tanjung Medang dan hampir semua desa ada Suku Akit, tapi tak terlalu banyak," ujar Sekretaris Camat Rupat Utara, Ahmad Tarmizi di kantornya.

Dalam kegiatan pariwisata di Pulau Rupat, tradisi dan keunikan Suku Akit juga kerap dihadirkan dalam event dan acara besar.

"Mereka juga berpartisipasi dalam mengisi pariwisata atau budaya yang dilakukan setiap tahunnya seperti menyambut tamu, menampilkan tarian mak yung. Kalau di Malaysia sama dengan tari persembahan, ada juga genong, ada juga maling, selain itu juga ada lomba menyumpit," lanjut Ahmad.

Orang akit atau orang akik merupakan kelompok masyarakat yang tinggal di kawasan Rupat, Riau. Seperti apa kehidupan mereka di salah satu pulau terluar RI itu?Orang akit atau orang akik merupakan kelompok masyarakat yang tinggal di kawasan Rupat, Riau. Seperti apa kehidupan mereka di salah satu pulau terluar RI itu? (Pradita Utama/detikTravel)

Mengikuti saran Ahmad, detikTravel melakukan penelusuran hingga ke Desa Titi Akar yang menjadi salah satu basis kegiatan Suku Akit. Di sana, kami bertemu dengan Kepala Desa Titi Akar, Sukarto.

Sebagai keturunan asli dari Suku Akit, ia menyebut kalau ia berasal dari Suku Akit Atas. Merujuk dari kata nenek moyang, ia membenarkan kalau Suku Akit adalah yang pertama ada di Pulau Rupat.

"Terkait dengan suku sesuai dengan sejarah Suku Akit. Suku pertama yang mendiami Desa Titi Akar adalah Suku Akit Atas yang dahulu berasal dari Kerajaan Siak," ujarnya.

Mundur ke belakang, Suku Akit Atas disebut Sukarto erat kaitannya dengan Kerajaan Siak yang awal mulanya berada di Kabupaten Siak, Riau. Berasal dari sana, dahulu nenek moyang Suku Akit Atas melakukan perjalanan hingga sampai ke Pulau Rupat.

"Menurut sejarah yang kita tahu, dahulu Suku Akit Atas dulunya merupakan pemberian atau dikaruniakan oleh Kerajaan Siak," cerita Sukarto.

Selanjutnya: Asal usul Pulau Rupat dan cerita tetua Suku Akit

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA