Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Des 2020 09:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Lok Sajukung, Keindahan Bukit di Kalimantan Selatan

Ismail Fahmi
detikTravel
Bukit Lok Sekujung
Foto: (Ismail Fahmi)
Ketapang -

Rekreasi merupakan salah satu kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan, merefresh kembali semangat setelah banyak melakukan rutinitas. Salah satu tempat yang direkomendasikan sebagai tempat rekreasi adalah Bukit Lok Sajukung

Bukit Lok Sajukung terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Bukit ini letaknya sangat dekat dari Kota Pelaihari, ibukota Kabupaten tanah laut.

Hanya dalam waktu 15 menit, kita akan sudah berada di kaki Bukit Lok Sajukung. Selanjutnya, untuk sampai ke Bukit Lok Sajukung dibutuhkan waktu sekitar 30 - 50 menit dengan berjalan kaki.

Perjalanan menuju Bukit Lok Sajukung sangat menyenangkan, dengan bersantai ria berjalan kaki, kita akan dapat merasakan angin segar khas perbukitan. Selain itu, suasana pegunungan yang sangat menyenangkan karena sepanjang jalan kita akan banyak menemui banyak pepohonan.

Bukit Lok SekujungBukit Lok Sajukung Foto: (Ismail Fahmi)

Jangan heran, pada musim tertentu kita akan mencium semerbak sebuah aroma bunga khas, sepanjang jalan kita akan banyak menemui bunga bangkai atau rafflesia arnoldii.

Sebelum kita sampai di puncak bukit Lok Sajukung, kita akan melewati sungai kecil berbatu yang merupakan aliran pegunungan, air yang cukup segar dan dingin. Sekitar 20 meter dari sungai kecil tersebut, kita akan menemui dataran yang lumayan luas, pada ketinggian 50 mdpl, dengan luas 20 m2, yang kira-kira kita dapat mendirikan tenda sekitar 10 - 15 buah.

Bukit Lok SekujungBukit Lok Sekujung Foto: (Ismail Fahmi)

Tepat di sore hari, setelah kita mendirikan tenda, kita akan menemui pemandangan yang cukup indah, dengan suasana khas pegunungan kita akan ditemani pancaran matahari senja yang pelan mulai beranjak untuk beristirahat. Pada malam harinya, sambil ditemani segelas kopi, pandangan mata kita akan terasa lebih indah karena disuguhi kerlap-kerlip pancaran lampu Kota Pelaihari dan sekitarnya.

Tentunya, suguhan pesona alam Bukit Lok Sejukung, keindahan alamnya, keasrian dan suasana yang masih alami, serta keheningan suasananya yang mampu menanggalkan segala hiruk pikuk kota, akan mampu memberikan kita kesegaran jiwa baru, sehingga kita akan pulang dengan semangat baru untuk melakukan aktifitas rutin kita lagi.

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Ismail Fahmi, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Anda ingin cerita perjalanan anda tayang di detikTravel? Kirim saja cerita perjalanan Anda di link ini.



Simak Video "Lahan Kritis di Wilayah Pesisir Kalsel Ditanami 10 Ribu Mangrove"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA