Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 16 Nov 2020 09:11 WIB

TRAVEL NEWS

5 Tempat Wisata Menarik di Banjarbaru, Daerah Zona Merah COVID

Tim detikcom
detikTravel
alunalun banjar baru
Alun-alun Banjarbaru Foto: Pujo Nugroho/d'Traveler
Jakarta -

Kota Banjarbaru di Kalimantan Selatan ternyata memiliki sederet objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Banjarbaru merupakan perbukitan di pinggiran Martapura yang dikenal dengan nama Gunung Apam. Gunung Apam merupakan kawasan peristirahatan buruh-buruh penambang intan yang bekerja di Cempaka.

Ada beberapa tempat wisata yang menarik di Banjarbaru, mulai dari Kampung Pelangi yang terletak di kawasan Sungai Kemuning di Kelurahan Guntung Paikat, Banjarbaru Selatan. Dulu kawasan itu kumuh dengan jajaran rumah menjorok ke sungai. Tapi kini, telah berubah drastis dengan warna-warni yang membuatnya terlihat menarik.

Banjarbaru mempunyai alun-alun yang menjadi primadona warga setempat untuk nongkrong, yakni di lapangan Dr Murjani. Kawasan itu menjadi pusat wisata malam, bukan cuma dengan teman namun bersama keluarga.

Ada berbagai jajanan kaki lima yang mengelilingi lapangan Dr Murjani, baik lesehan maupun duduk di atas kursi. Kalau mau bersantai, ada pula bangku yang tersedia di beberapa titik untuk menikmati udara Banjarbaru.

Alun-alun ini berlokasi di pusat kota Banjarbaru, bersebelahan dengan taman air mancur, tower sasirangan dan taman kota Van Der Pijl.

Tak hanya kampung warna-warni yang diubah menjadi cantik, sebuah tower PDAM yang sudah tak berfungsi telah dirancang ulang oleh Pemko Banjarbaru jadi landmark yang cantik. Tower ikonik ini pun menjadi daya tarik bagi warga Banjarbaru, bahkan warga du luar Banjarbaru. Pasalnya, landmark ini dicat dengan motif sasirangan, yaitu kain khas Kalimantan Selatan.

Sebenarnya, tower ini milik Badan Pengelola Air Minum Daerah yang berfungsi sebagai booster air yang berdiri sejak tahun 1980. Namun sejak tahun 1994 tidak difungsikan lagi seiring beroperasinya instalasi pengolahan air milik PDAM Intan Banjar.

Kemudian ada Kebun Raya Banua yang berdiri sebagai pusat penyelamatan, perlindungan dan pengembangan tanaman dan tumbuhan khas Kalimantan. Luasnya mencapai 100 hektar.

Berlokasi di Jalan Aneka Tambang, Palam Cempaka, Kota Banjarbaru, Kebun Raya Banua memiliki berbagai zona flora, di antaranya tanaman buah, tanaman kayu, obat-obatan, atsiri, bunga dan sebagainya.

Selain tumbuhan khas Kalimantan, ada pula berbagai wahana rekreasi, seperti taman labirin, taman anak dan kawasan instagramable.

Dan yang tempat wisata lainnya adalah Museum Lambung Mangkurat yang memiliki aneka benda bersejarah, seperti miniatur rumah adat, sampan, pakaian adat pernikahan suku Banjar, kerajinan tangan, alat kesenian hingga diorama pelaminan.

Berita seputar tempat wisata di Banjarbaru itu menjadi berita terpopuler detikTravel sepanjang Minggu (15/11/2020). Selain Banjarbaru ada juga soal Chatham yang tengah mengalami kebanjiran turis, dan ada juga berita mengenai daerah zona merah COVID-19 di Indonesia.

Berikut berita terpopuler detikTravel selengkapnya, Minggu (15/11/2020).



Simak Video "Festival Manik Borneo, Banjarbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA