Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Des 2020 18:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tari Zapin dan Para Pengendali Api dari Rupat

Bengkalis -

Selain pantai pasir putih, pulau terluar Rupat di Riau juga punya tari zapin api. Keberadaannya erat dengan legenda setempat

Berkunjung ke Pulau Rupat, tak lengkap hanya berkunjung ke destinasi pasir pantai putih yang ada di sana. Terdapat juga tari zapin api yang menjadi kekhasannya.

Dalam eskpedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh BRI, detikTravel pun berkesempatan datang ke Pulau Rupat dan mencari tahu perihal tarian unik itu. Diungkapkan Sekretaris Camat Rupat Utara Ahmad Tarmizi pada detikTravel, tari zapin api jadi kekhasan yang tak boleh dilewatkan.

"Menariknya di tempat kita ada kegiatan yang mungin tak ada di tempat lain. Salah satu contohnya zapin api, kemudian kegiatan budaya mandi safar setiap tahunnya," ungkap Ahmad.

Mirip dengan tari zapin yang populer di suku Melayu, bedanya tari zapin api menggunakan komponen api yang sarat dengan ilmu kebatinan. Di mana tarian itu hanya dapat dijumpai di Pulau Rupat.

Tari unik khas Pulau Rupat.Apis, pelestari tari zapin api dan pemilik sanggar Petak Semai (20detik)

Sayang, saat detikTravel datang kami tidak berhasil menjumpai praktek tari zapin api itu secara langsung. Namun, kisahnya dituturkan dengan jelas oleh Apis yang merupakan penggagas budaya sekaligus pemilik sanggar seni budaya Petak Semai yang melakukan praktek tari zapin api.

"Tari zapin api adalah tarian yang para penarinya menari di atas bara api. Kalau dulu-dulunya itu berkembang tari zapin api ini sebelum masuknya pengaruh Islam di Pulau Rupat, nama tari zapin ini tari api. Setelah abad ke-17 barulah tari api ini masuk unsur islami, di situ ada musiknya yang berirama zapin, kemudian ada lagu-lagu yang bernuansa syariat silam," ujar Apis.

Konon, perubahan tari api menjadi tari zapin api erat kaitannya dengan legenda zaman dulu. Yakni terkait dengan jin api yang mendiami Pulau Rupat.

"Abad 12, orang Malaka lari ke Rupat karena kenaikan pajak. akhirnya mereka runding ke makhluk gaib. Jin penguasa api ini sulit dikendalikan, kalau manggil dia pakai tarian api," cerita Apis.

Sebagai syarat bagi para pendatang, sang jin api disebut Apis meminta dilakukan tarian api untuk menyenangkan dirinya.

"Orang-orang itu membangunkan 7 pemuda di tempat ritual, lalu langsung diseru, dimasukkan ke 7 pemuda untuk bermain api," lanjutnya.

Tanpa sadar, tujuh pemuda yang dirasuki itu tiba-tiba menari sambil menendang serabut kelapa yang sebelumnya telah terbakar. Itulah asal muasal dari tari api yang jadi cikal bakal tari zapin api.

Selanjutnya: Sempat hilang dan harapan pelestari budaya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA