Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Des 2020 14:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

29 Tempat Wisata di Surabaya, Mana yang Buka dan Tutup Saat Pandemi?

Tim detikcom
detikTravel
Hutan bambu di Surabaya
Foto: Hutan Bambu Keputih (brigits_emilianav/d'Traveler)
Surabaya -

Surabaya memiliki berbagai wisata menarik untuk dikunjungi saat liburan. Mulai dari wisata akan, sejarah hingga taman rekreasi yang memacu adrenalin.

Saat pandemi ada beberapa tempat wisata yang masih belum buka. Dikutip dari berbagai sumber, berikut wisata Surabaya yang buka dan masih tutup di masa pandemi.

Berikut Tempat wisata di Surabaya yang buka:

1. Monumen Kapal Selam

  • Harga Tiket Masuk Rp 15.000

Surabaya memiliki begitu banyak bangunan ikonik peninggalan masa lalu, salah satunya monumen kapal selam yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 39, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Monkasel merupakan sebuah monumen kapal selam terbesar di kawasan Asia. Dahulu kapal selam KRI Pasopati 410 ini merupakan salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet pada tahun 1952. Transportasi laut ini juga pernah dilibatkan dalam operasi pembebasan Irian Barat dari pendudukan Belanda yang dikenal dengan pertempuran Lau Aru.

Selain melihat monumen kapal selam, ada berbagai fasilitas pendukung seperti video rama, live musik hingga rekreasi air di Sungai Kalimas. Monumen Kapal Selam buka di hari Senin-Jumat mulai pukul 09,00-17.00. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00-19.00.

Monumen Kapal Selam (Monkasel) SurabayaMonumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya Foto: Esti Widiyana

2. Kebun Binatang Surabaya

  • Harga Tiket Masuk Rp 15.000

Kebun Binatang Surabaya memiliki lebih dari 2.236 satwa. Di dalamnya juga memiliki hewan langka Indonesia maupun dunia yang terdiri dari mamalia, aves, reptilia dan Pisces.

Selain melihat satwa, KBS juga punya banyak spot instagrammable. Berbagai wahan anak juga tersedia seperti wahana rumah balon, tunggang kuda, tunggang onta hingga taman bermain pasir.

Kebun Binatang Surabaya buka setiap hari, Senin -Jumat pukul 08.00-16.00 lalu Sabtu- Minggu pukul 07.30-16.30. Harga tiketnya Rp 15.000, terhitung dari tinggi badan 85 cm.

Kebun Binatang Surabaya (KBS)Kebun Binatang Surabaya (KBS) Foto: Esti Widiyana

3. Hutan Mangrove Wonorejo

  • HTM: Gratis

Mau menikmati sejuknya alam dari hiruk-pikuk keramaian kota? datanglah ke Hutan Mangrove Wonorejo. Luasnya yang mencapai kurang lebih 200 hektar mampu menjadi salah satu paru-paru kota Surabaya.

Berlokasi di Jalan Raya Wonorejo no.1, Wonorejo Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk wisatawan untuk menikmati keindahan alam di Hutan Mangrive Wonorejo. Namun jika ingin berkeliling menggunakan perahu harganya adalah Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

4. Wisata Religi Ampel

  • HTM: Gratis

Traveler yang mau berwisata religi di Surabaya bisa berziarah ke makan Sunan Ampel, lokasinya berdekatan di Kompleks Masjid Ampel di Jalan Ampel Masjid No 53, Kota Surabaya.

Sunan Ampel atau Raden Rahmat adalah seorang wali yang menyebarkan ajaran agama islam di Jawa. Beliau lahir di Champa pada tahun 1401 dan wafat pada 1481.

5. Surabaya North Quay

  • Harga Tiket Masuk Rp 5.000

Traveler yang hobi foto-foto bisa datang ke Pelabuhan Tanjung Perak. Saat senja, paduan warna langit yang berwarna jingga ditambah siluet kapal-kapal di laut jadi pemandangan yang ciamik.

Salah satu lokasi favorit untuk melihat senja adalah di Surabaya North Quay (SNQ). Spot indahnya ada di lantai tiga pelabuhan tanjung perak. Biaya masuknya adalah Rp 5 ribu.

Lokasinya berada di Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dermaga di SurabayaDermaga di Surabaya Foto: (anggitarkwardani/d'Traveler)

Tempat Wisata di Surabaya Selanjutnya: Kenjeran Park

6. Kenjeran Park dan Atlantis Land

  • Harga Tiket Masuk Rp 80.000- Rp 100.000

Kenjeran park atau biasa disebut KenPark memiliki berbagai fasilitas untuk wisatawan mulai dari berbagai bangunan unik seperti replika Temple of Heaven di Beijing di China hingga klenteng yang dibuka untuk wisatawan.

Di lokasi yang sama ada juga wahana permainan air seperti waterboom yaitu Arlantis Land. Tak hanya itu, beberapa wahana menantang adrenalin seperti Wave Swinger juga ada di sini.

Kenjeran Park dan Atlantis Land berlokasi di Jalan Pantai Ria Kenjeran, Sukulio Baru, Kota Surabaya, Jawa Timur. Harga tiketnya cukup murah, yaitu Rp 5000 untuk Ken Park dan Rp 80.000 untuk Atlantis Land di Senin-Jumat, sedangkan Rp 100.000 untuk weekend dan hari besar.

Kenjeran ParkKenjeran Park Foto: (Calledasia Wekoila Lakawa/d'Traveler)

Selanjutnya Tempat Wisata di Surabaya yang Tutup saat Pandemi

Berikut Tempat wisata yang tutup saat pandemi:


1. Hutan Bambu Keputih

  • HTM Gratis

Sebelumnya, Hutan Bambu Keputih merupakan tempat pembuangan sampah yang sudah ditutup. Kemudian destinasi ini dimanfaatkan untuk lahan hijau dan ditanami aneka jenis bambu.

Lokasinya berada di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Surabaya. Selain bisa berfoto dengan latar tanaman bambu, ada juga taman bunga sakura yang cantik.

Hutan bambu di SurabayaHutan bambu di Surabaya Foto: (brigits_emilianav/d'Traveler)

2. Museum Santet

  • Harga Tiket Masuk Rp 1.500

Namanya terkesan aneh, namun sebenarnya museum ini bernama Museum Kesehatan Dr. Adhyatma MPH. Traveler bisa menemukan semua yang berhubungan dengan dunia medis tradisional termasuk jailangkung, nini thowok hingga santet!

Selain akan merinding karena agak terkesan horror, wisatawan bisa juga belajar dunia medis di Indonesia. Ada tiga sarana, yaitu kesehatan sejarah, kesehatan iptek dan kesehatan tradisional.

Museum Santet berlokasi di Jalan Indrapura No. 17, Kematoran Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jakarta Timur. HTMnya sangat murah, yaitu Rp 1.500 saja.

Museum Santet SurabayaMuseum Santet Surabaya Foto: (Imam Wahyudiyanta/detikcom)

3. Air Mancur Surabaya

  • Harga tiket masuk Rp. 10.000

Pertunjukan air mancur menari juga bisa dinikmati jika traveler berkunjung ke Surabaya. Berbeda dengan biasanya, bergoyangnya air mancur ini diiringi musik khas Jawa Timur.

Pertunjukan air mancur menari hanya bisa traveler nikmati pada hari Sabtu mulai pukul 20.00-21.00. Namun jika ingin sekedar datang, kamu bisa datang mulai pukul 06.00-20.00 pada hari biasa dan sampai pukul 21.00 di akhir pekan.

Lokasinya berada di Jembatan Kenjeran, Bulak, Kota Surabaya. Untuk masuk ke Kenjeran, traveler dikenakan biaya Rp 10.000.

4. Taman Bungkul

  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Terkenal bagi masyarakat Surabaya, Taman Bungkul memiliki luas 900 meter persegi. Wajar saja jika Bungkul dikatakan menjadi salah satu taman terbesar di kota pahlawan ini.

Biasanya Taman Bungkul menjadi tempat jogging atau gowes. Berbagai fasilitas yang tersedia di antaranya air mancur, tempat bermain anak hingga arena skateboard.

Lokasinya berada di Jalan Raya Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Traveler yang datang ke sini tak dipungut biaya alias gratis.

Taman Bungkul di SurabayaTaman Bungkul di Surabaya Foto: (Widi Arini/d'Traveler)


5. Ciputra Waterpark Surabaya

  • Harga Tiket Masuk Rp 75.000-Rp 95.000

Wisata air di Surabaya ini menjadi salah satu kolam renang terbesar di Indonesia. Luasnya mencapai lima hektar.

Di antara fasilitas yang tersedia yaitu Sinbads Playground, Roc Tower, Syracuse Beach, Sirens River, Marina Lagoon, Chimera Pool dan Tartarus Pool. Selain main air ada juga playground untuk anak-anak dan Cinema 5D.

Ciputra Waterpark Surabaya berlokasi di Waterpak Boulevard, Kav 1 Citraland, Kota Surabaya.


6. Food Junction Grand Pakuwon

Traveling rasanya memang tak lengkap jika tanpa wisata kuliner. Di Surabaya, Food Junction Grand Pakuwon menyajikan berbagai stand makanan.

Bertempat di Jalan Grand Banjar Boulevard, Banjar Sugihan, Tandes, Food Junction Grand Pakuwon jika menyediakan tempat berbelanja segala kebutuhan hingga permainan seperti becak angin, becak air, trampolin dan sebagainya.

7. Kebun Bibit Wonorejo

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Sudut hijau di kota Surabaya yang memanjakan mata terdapat di Kebun Bibit Wonorejo. Biasanya traveler bersantai dengan berjalan-jalan atau duduk di sekitar taman.

Lokasinya berada di Jalan Kendalsari, Wonorejo, Kota Surabaya, Jakarta Timur. Selain kebun hijau yang indah ada pula danau cantik dengan aneka tanaman yang menarik.

8. Taman Prestasi

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Berdekatan dengan Monumen Kapal Selam, terdapat taman seluas 6.000 meter persegi yang sejuk. Fasilitasnya berupa ayunan dan prosotan untuk anak-anak.

Di Taman Prestasi, traveler juga bisa melihat aneka replika penghargaan yang diraih Surabaya, misalnya Wahana Tata Nugraha, Adipura Kecana dan lainnya.

Taman Prestasi berlokasi di Jalan Ketabang Kali No. 6 Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Untuk masuk ke taman prestasi, wisatawan tak dikenakan biaya.

Taman PrestasiTaman Prestasi Foto: Esti Widiyana

9. Museum House of Sampoerna

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Dahulu, bangunan peninggalan kolonial belanda ini dibangun pada tahun 1862. Ya, House of Sampoerna merupakan salah satu museum tembakau dan markas terbesar Sampoerna yang berlokasi di Surabaya.

Di dalamnya ada banyak koleksi yang terdapat di beberapa ruangan, di antaranya ruang pembuatan rokok, alat musik hingga foto keluarga pemilik usaha rokok. Saat masuk ke ruangan pun sudah tercium aroma tembakau yang mendominasi gedung.

House of Sampoerna berlokasi di Taman Sampoerna No. 6. Krembangan Utara. Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur. Museum ini tak memungut biaya wisatawan.

Museum di Surabaya.Museum di Surabaya. Foto: (ristasetiami/d'Traveler)

10. Taman Kunang-Kunang

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Disebut taman kunang-kunang karena di kawasan ini memang terdapat miniatur kunang-kunang. Fasilitasnya terdiri dari Lapangan Futsal, basket, ayunan, taman bermain dan lain sebagainya.

Lokasinya terletak di Jalan Penjaringan Timur. Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jakarta Timur. Taman ini pun gratis untuk wisatawan.

11. Taman Flora

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Dibangun pada tahun 2007, Taman Flora memiliki luas 2,4 hektar. Dahulu, taman ini merupakan dulunya kebun bibit.

Selain bisa melihat tanaman yang indah, Taman Flora juga memiliki koleksi fauna seperti kijang dan burung merak. Tak hanya itu, fasilitas lain yang bisa dinikmati yaitu outbond, kolam ikan dengan air mancur dan masih banyak lagi.

Tidak dipungut biaya, Taman Flora berlokasi di Jalan Manyar Nomor 80 A, Kota Surabaya, Jawa Timur.

12. Suroboyo Carnival Park

  • Harga Tiket Masuk Rp 60.000

Suroboyo Carnival Park punya bebrgai spot foto yang Instagramable dengan nuansa Eropa. Mulai dari wahana anak-anak hingga remaja lengkap tersedia di taman rekreasi ini.

Misalnya, untuk anak-anak ada sea horse, happy sky, mini jet, mini bumper car. Untuk keluarga ada upside down house, carrousell, ferris wheel, sedangkan wahana untuk remaja di antaranya Cinema 4D dan Dancing Horse.

Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani No. 333 Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya. Biasanya, tiket masuk untuk weekday adalah sebesar Rp 20.000 dan tiket terusan Rp 60.000, pada weekend tiket masuknya sebesar Rp 25.000 dengan tiket terusan Rp 70.000.

Suroboyo Carnival ParkSuroboyo Carnival Park Foto: Instagram Suroboyo Carnival Park

13. Museum Sepuluh Nopember

  • Harga Tiket Masuk Rp 5.000

Salah satu bangunan yang menyimpan sejarah Surabaya terdapat di Museum Sepuluh Nv[ember. Di dalamnya terdapat patung peraga dan ukiran yang menggambarkan peristiwa pada 10 November 1945.

Museum ini juga menyimpan rekaman pidato Bung Tomo dan juga suaranya saat menolak ultimatum tentara sekutu saat memerintahkan warga Surabaya menyerah.

Lokasinya berada di Jalan pahlawan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tiket masuknya Rp 5.000 per orang dan gratis bagi pelajar.

14. Tugu Pahlawan

  • Harga Tiket Masuk Rp 5.000

Dibangun untuk memperingati momen pertempuran Surabaya, Tugu Pahlawan dibangun untuk memberi penghormatan bagi pejuang Surabaya yang gugur saat berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Tingginya mencapai 41,15 meter.

Di dalam museum terdapat berbagai diorama statis ataupun elektronik untuk mengetahui sejarah Surabaya. Ada pula patung presiden Sukarno dan Hatta lengkap dengan semboyan mereka. Tugu ini diresmikan oleh Sukarno pada 10 Nopember 1952.

Tugu Pahlawan berlokasi tak jauh dengan Museum 10 Nopember, yaitu di Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Tiket masuk museum yaitu Rp 5.000 dan gratis untuk pelajar dan mahasiswa yang menunjukkan kartu pelajar atau kartu tanda mahasiswa.

taman tugu pahlawan surabayataman tugu pahlawan surabaya Foto: Tedi Permana/dTraveler

15. Taman Ekspresi

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Hijaunya tanaman bisa dinikmati traveler di Taman Ekspresi. Sambil bersantai, pengunjung juga bisa mencoba refleksi di lantai berbatu.

Sebelumnya, lahan taman ekspresi kosong tak terawat dan ditumbuhi rumput ilalang yang mengganggu keindahan kota. Lalu akhirnya ditanamlah aneka bunga dan rumput segar di atasnya.

Bernama Ekspresi, memang taman ini dibuat untuk mengekspresikan karya seni. Untuk itu wisatawan akan menjumpai banyak instalasi seni berupa sculpture-sculpture yang dibuat dari barang bekas yang didaur ulang.

Taman Ekspresi berlokasi di Jalan genteng No.67, kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

16. Rumah Batik

Jawa timur memiliki motif batik yang beragam di masing-masing daerah. Traveler bisa melihat semua jenisnya di Rumah Batik.

Rumah Batik Jawa Timur dibuka atas inisiatif seorang perajin batik asal Pamekasan, Madura. Rumah ini pun sudah terbuka bagi wisatawan di tahun 2008. Kini ditawarkan kursus membatik lho bagi wisatawan yang berminat.

Lokasinya berada di Jalan Tambak Dukuh 1 No 4, Kota Surabaya, Jawa Timur.

17. Taman Suroboyo

Taman Suroboyo memiliki patung raksasa "Suro" (hiu) dan "Boyo" (buaya). Tingginya mencapai 25,6 meter. Luas taman Suroboyo sendiri mencapai 11.900 meter persegi.

Lokasinya berada di Jalan Pantai Kenjeran Kedung Cowek, Bulak, Surabaya.

Taman SuroboyoTaman Suroboyo Foto: Zainal Effendi


18. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria menjadi salah satu gereja tertua di Surabaya. Usianya sudah mencapai 209 tahun. Namun sudah tiga kali dilakukan renovasi pada tahun 1950,1960 dan 1996.

Gereja yang bergaya arsitek Eropa itu mengalami perubahan di beberapa struktur. Berukuran besar, bangunannya mampu menampung hingga 2.000 jamaah.

Lokasinya berada di Jalan Kepanjen, No 4-6, Krembangan Selatan,. Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

19. De Mata Trick Eye Museum

Tak hanya di Yogyakarta, De Mata Trick Eye juga terdapat di Surabaya. Ada berbagai spot foto berlatar gambar 3D dengan berbagai tema.

Lokasinya berada di lantai satu Surabaya Town Square, Jalan Hayam Wuruk Nomor 6, Sawunggaling, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

20. Taman Apsari

Taman Apsari memiliki luas 5.300 meter persegi, dilengkapi dengan kurang lebih 20 jenis bunga dan tanaman. Di sela bunga dan tanaman, ada pula track jogging yang nyaman untuk jalan-jalan.

Lokasinya berada di Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di depan Gedung Grahadi. Meski tempatnya di tengah kota, namun suasananya cenderung sejuk dan juga tenang.

21. Hutan Raya

Surabaya memiliki 10 Taman Hutan Raya, yang terakhir diresmikan berlokasi di Jalan Lempung Perdana. Tak murni layaknya hutan, kawasan ini memiliki tanaman buah-buahan dan herbal yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Menurut walikota Surabaya, tanaman ini memang sengaja dibuat untuk masyarakat, agar mereka bisa langsung memanen di atas tanah seluas 1,9 hektare tersebut. Totalnya ada lebih dari 2.100 tanaman herbal dan produktif.


22. Taman Harmoni Keputih

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Taman Harmoni keputih memiliki area cukup luas yang mencakup berbagai jenis bunga, di antaranya jakaranda, pagoda, tabebaya, bungur dan lain sebagainya. Bunga-bunga disusun menurut warna. Sehingga dari jauh, bunga-bunga yang bermekaran terlihat begitu indah.

Lokasinya mudah dijangkau dan tak jauh dengan hutan bambu yang tak kalah indah. Tepatnya di Jalan Keputih Tegal Timur no 241, Sukolilo, Surabaya.

23. Museum Kematian

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Selain museum Santet, ada pula museum Etnografi dan pusat kajian kematian. Lokasinya berada di Kampus B Universitas Airlangga, Jalan Airlangga, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Wisatawan akan disuguhkan berbagai proses pemakanan tang ada di Indonesia dan juga replika makam, contohnya makan Trunyan di Bali, kuburan bayi di Toraja dan makan Belanda. Selain itu, traveler bisa tahu juga tentang ritual kematian di beberapa daerah.

Museum Kematian di SurabayaMuseum Kematian di Surabaya Foto: Andrian Noor/d'Traveler

Nah itu dia 29 tempat wisata di Surabaya. Cek dulu mana yang buka dan tutup ya traveler.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA