Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Des 2020 18:54 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tugu Yogya Kini Bersih dari Kabel Listrik

Agus Septiawan
detikTravel
Tugu Pal Putih Yogyakarta bebas dari kabel listrik, Rabu (16/12/2020)
Tugu Pal Putih Yogyakarta bebas kabel listrik (Agus Septiawan/detikTravel)
Yogyakarta -

Kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta memiliki wajah baru. Juntaian kabel melintang yang sempat menganggu kini mulai hilang.

Tugu Pal Putih menjadi salah satu titik ikonik Yogyakarta. So, tak sedikit wisatawan yang menjadikan tempat itu untuk berfoto.

Tugu Pal Putih itu berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Saat menatap ke arah utara dari Kraton Yogyakarta maka traveler bakal melihat Jalan Malioboro, Jalan Margo Utomo, dan tugu ini, serta Jalan A.M. Sangadji membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak Gunung Merapi.

Tapi, Tugu Pal Putih Yogyakarta, yang ada di Cokrodiningratan, Jetis itu, terganggu kabel listrik dan kabel telekomunikasi. Pemerintah Kota Yogyakarta mereduksi masalah itu.

Kini, kabel-kabel itu ditanam di dalam tanah dengan sistem ducting. Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menuturkan pengerjaan proyek berlangsung selama empat bulan.

Pengerjaan itu berfokus kepada penataan kabel melintang di udara. Selain itu, penataan pedestrian di kawasan jalan Sudirman.


"Sudah selesai pengerjaannya, Jumat (18/12) besok sudah diresmikan oleh bapak Gubernur (Hamengku Buwono X). Sekarang tinggal merapikan saja sisa-sisa pengerjaan proyek," kata Heroe, Rabu (16/12).

Heroe mengajak masyarakat turut merawat tetenger Yogyakarta tersebut. Salah satunya, dengan bertindak bijak saat mengambil swafoto.

Selain menghindari kerumunan untuk mencegah penularan virus Corona, traveler diminta tidak mengganggu arus lalu lintas.

"Ini kami buat melingkar, harapan kami agar semua tempat bisa jadi tempat swa foto. Agar tidak terjadi kerumunan di tengah jalan. Parkir juga kami tata agar tidak semrawut," katanya.



Simak Video "Berpetualang di Tugu Yogyakarta, Ikon Kota yang Istimewa"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA