Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Des 2020 10:44 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gunung Salak Punya Kawah Putih yang Cantik Banget!

Kawah Ratu di Gunung Salak
Foto: Gema Bayu Samudra/d'traveler
Bogor -

Gunung Salak memang selalu jadi primadona para pendaki. Selain puncak gunungnya, yang tak kalah populer adalah Kawah Ratu yang cantik banget!

Gunung Salak ini sendiri berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawah Ratu Gunung Salak berada di ketinggian 800-900 meter di bawah permukaan laut (Mdpl).

Kawah Ratu ini menawarkan pesonanya lewat kawasan kawah yang serba putih, mulai dari tanah, aliran sungai hingga asap. Hal ini tentunya disebabkan oleh kadar belerang yang terkandung di dalam kawah.

Kawah Ratu Gunung Salak merupakan kawah terbesar dan termuda. Kawah lainnya di Gunung Salak adalah Kawah Cikuluwung Putri dan Kawah Hirup yang merupakan bagian dari Kawah Ratu.

Kawah Ratu ini walaupun menyuguhkan pesona yang indah, perlu diingat bahwa gas beracun yang dikeluarkan bisa mengakibatkan pingsan sampai kematian. Gunung Salak ini sendiri masih tergolong gunung api aktif.

Tips Aman Mendaki Kawah Ratu

1. Mendaki bersama orang yang berpengalaman atau menyewa pemandu (biasanya disediakan di pintu masuk kawasan Cidahu atau Pasir Reungit). Hal ini menghindari tersesat saat menuju Kawah Ratu.

2. Memakai masker respirator atau masker anti gas beracun lainnya saat memasuki kawasan kawah.

3. Menjauhi kawah, membawa oksigen, membawa peralatan pertolongan pertama dan peralatan pendakian yang standar seperti jas hujan dan sepatu gunung.

4. Persiapkan fisik yang bugar, bawa makanan dan minuman yang cukup.

5. Jangan datang saat musim hujan, karena gas beracun sulit untuk terurai dan track menjadi aliran sungai.

Menuju Kawah Ratu

1. Pasir Reungit di Kecamatan Pamijahan Bogor. Waktu tempuh dari Pasir Reungit ke Kawah Ratu sekitar 2 jam dengan jarak 3,6 kilometer (km).

2. Cidahu di Kabupaten Sukabumi ini juga merupakan jalur resmi menuju puncak Gunung Salak. Jarak yang harus ditempuh menuju Kawah Ratu adalah 4,5 km atau 3 jam.

Biaya dan Jam Buka

1. Harga tiket masuk dari basecamp Pasir Reungit Rp 15.000/orang dan jam buka pukul 08.00-12.00. Jam masuk yang sebentar ini, menimbang saat pulang tidak sampai malam atau sore karena asap belerang yang sudah mulai pekat.

2. Harga tiket masuk lewat jalur Cidahu ke Kawah Ratu Rp 20.000.

3. Harga pemandu sebesar Rp 150.000 (tentatif/bisa ditawar).



Simak Video "Ramai Soal Gunung Salak Disebut 'Terbelah', BNPB Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA