Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Sep 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Pengalaman Horor Prasodjo Muhammad di Sindoro: Dengar Suara Gamelan

Rizka Elfira
detikTravel
Prasodjo Muhammad
Foto: (Prasodjo Muhammad/instagram)
Jakarta -

Mendaki gunung harus menyiapkan mental dan tenaga. Selain lelah karena jalanan terjal nan jauh, tak jarang hal mistis di gunung pun terjadi.

Youtuber Prasodjo Muhammad pernah mendaki sejumlah gunung di Indonesia. Dia menceritakan kisah horor yang pernah dialami saat mendaki satu gunung di Jawa Tengah.

Lelaki yang akrab dipanggil Bang Jo itu mengaku sebenarnya dia kurang peka dengan hal-hal mistis, sehingga ia pun jarang mengalami peristiwa menyeramkan selama mendaki. Tapi, dia pernah mengalami satu momen yang berbeda saat berkunjung ke Gunung Sindoro yang ada di Jawa Tengah.

"Pernah satu itu di Gunung Sindoro, ada suara gamelan. Saya sudah agak tinggi tuh, ada suara gamelan pada saat sore dan yang dengar gamelan cuman bertiga, dari tujuh orang.

"Saya pikir apa itu suara gamelan dari basecamp atau bagaimana? Pendaki nyetel gamelan? Tapi, ya udah lah saya enggak mau memikirkan dan saya juga termasuk yang cuek lah," kata Prasodjo.

Saat itu, dia dan teman-temannya tidak terlalu menghiraukan dan tetap berpikir positif. Tapi, ternyata suara gamelan itu bukanlah dari pendaki lain.

"Waktu di bawah tuh di base camp, saya ketemu tukang pijit yang ngerti dengan hal-hal itu, saya nanya kalau tadi kita dengar gamelan terus katanya 'udah nggak apa-apa, itu kita disambut itu," kata Prasodjo.

Tukang pijat itu tidak menerjemahkan arti disambut itu. Prasodjo juga tak menanyakan lebih lanjut. Hanya saja, dia berharap dalam hari disambut itu merupakan respons positif dari Gunung Sindoro.

Kendati mengalami kisah itu, Bang Jo tidak jera untuk naik gunung. Dia tetap melanjutkan hobinya.

Tapi, ada satu gunung yang tak jauh dari Jakarta namun diakuinya bikin merinding dan berpikir ulang untuk mendaki. Prasodjo bilang gunung itu ialah Gunung Ciremai di Jawa Barat.

Dari sejumlah informasi, banyak peristiwa mistis di gunung yang dikisahkan pendaki saat naik Gunung Ciremai

"Ciremai itu, sejujurnya, sebenarnya, saya takut ke Ciremai, dengar namanya aja takut gimana gitu. Banyak cerita-cerita mistis yang dikirim ke saya itu yang seram juga ya," kata Prasodjo.

Tak hanya memiliki cerita mistis, namun medan pendakiannnya pun sulit untuk ditempuh.

"Seram dua-duanya karena medannya juga ngeri ya, biasanya dengkul ketemu dagu, di Cermai dengkul ketemu jidat dan mistis di gunungnya juga lah, meskipun saya orangnya nggak peka dengan yang begituan, tapi kalo Cermai agak gimana gitu," kata Prasodjo.



Simak Video "Ramai Soal Gunung Salak Disebut 'Terbelah', BNPB Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA