Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Des 2020 14:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Mendaki Gunung Guntur via Jalur Citiis? Begini Caranya

Gunung Guntur Garut
Mendaki Gunung Guntur. (Foto: Gema Bayu Samudra/d'traveler)
Garut -

Mau hiking ke Gunung Guntur Garut jalur Citiis? Mulai dari transportasi hingga estimasi waktu pendakian bakal dirangkum dalam artikel ini. Simak ya!

1. Cara daftar

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat ini masih memberlakukan pendaftaran langsung di loket Basecamp Gunung Guntur via Citiis, belum menggunakan sistem booking online. Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) sebesar Rp 15.000/orang.

2. Syarat Pendakian

Sebelum masa pandemi dan apalagi saat pandemi, surat keterangan sehat wajib disertakan. Membawa hand sanitizer dan masker. Selama pendakian harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Saat sampai di basecamp ada pengecekan suhu tubuh, kesehatan dan perlengkapan pendakian.

3. Transportasi

Apabila kamu menggunakan transportasi pribadi, dari Jakarta bisa mengambil arah Bandung keluar di Gerbang Tol Cileunyi-Rancaekek-Garut. Lokasi Basecamp Gunung Guntur via Citiis sudah tersedia di maps. Waktu tempuh dari Jakarta menuju basecamp kurang lebih 3-4 jam. Basecamp menyediakan lahan parkir dan dikenakan tarif Rp 10.000.

Menggunakan transportasi umum, menggunakan bis dari Jakarta menuju Garut. Tidak harus sampai di terminal, lebih dekat turun di SPBU Tanjung (alamat tersedia di maps) biar lebih mudah bisa bilang turun di SPBU tanjung biasanya supir sudah tahu. Setelah turun, biasanya tersedia mobil pick up atau mau jalan kaki juga bisa. Lokasi dari SPBU Tanjung ke Basecamp sekitar 6 menit atau 2,2 kilometer. Jalan kaki sekitar 30 menit. Harga bis Jakarta-Garut sekitar Rp 50.000-Rp 70.000. Harga menyewa pick up Rp 20.000/orang.

Kalau turun di Terminal Guntur Garut, bisa menyewa transportasi lain dengan harga Rp 30.000-Rp 50.000/orang. Berlaku harga yang sama ketika pulang dari Basecamp Gunung Guntur via Citiis ke Terminal Guntur Garut. Untuk kepulangan, jam operasional Terminal Garut 24 jam, tapi bis paling malam dan pagi ke Jakarta yaitu sekitar jam 17.00 dan 06.00 WIB.

4. Pos dan Estimasi Waktu Pendakian

Basecamp-Pos 1 = 2 jam

Pos 1-Pos 2 = 1 jam

Pos 2-Pos 3 1 jam

Pos 3-Pos 4 = 1 jam

Pos 4-Puncak 1 = 2 jam

Puncak 1-Puncak 2 = 40 menit

Puncak 2-Puncak 3 = 40 menit

Total = kurang lebih 9 jam

Sebagai catatan, traveler dapat berkemah dan menikmati sumber air di Pos 3 Gunung Guntur.



Simak Video "Celebrity on Vacation: Serunya Offroad di Kaki Gunung Guntur Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA