Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Des 2020 18:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Terbaik Melihat Sunset di Barat Borneo

Syanti Mustika
detikTravel
Puncak Tanjung Bajau di Singkawang
Sunset dari Puncak Bajau di Singkawang(Syanti/detikcom)
Jakarta -

Dari Tanah Borneo kamu bisa menikmati sunset yang menawan. Salah satu tempat sunset terbaik ada di Singkawang, Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat mempunyai tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang salah satunya adalah PLBN Aruk. Untuk menuju ke Aruk, kamu bisa menempuhnya dari Pontianak dengan jalur darat dengan waktu tempuh lebih dari 7 jam.

Menuju Aruk pun kamu akan melewati kota-kota besar di Kalimantan Barat, salah satunya adalah Singkawang. Sebelum meninggalkan Singkawang, traveler harus menikmati sunset di kota ini.

Tempat untuk menikmati sunset terbaik di Kalbar ada di Tanjung Bajau, yang merupakan salah satu destinasi populer wisata Singkawang. Tempat ini berada di Jalan Raya Pasir Panjang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. Kira-kira hanya 30 menitan dari pusat kota Singkawang.

Puncak Tanjung Bajau di SingkawangPuncak Tanjung Bajau di Singkawang Foto: (Syanti/detikcom)

Tanjung Bajau adalah destinasi wisata yang menghadirkan laut, pegunungan dengan konsep edukasi dan rekreasi. Di kawasan ini kamu tak hanya menikmati pantainya saja, namun juga ada panorama, aquarium dan taman bermain. Di kawasan ini juga banyak patung-patung hewan.

Tiket masuk untuk masuk ke kawasan Tanjung Bajau itu Rp 30.000 per orangnya. Traveler bisa membawa kendaraan baik mobil atau motor untuk mengeksplorasi wahana-wahana di Tanjung Bajau.

Traveler yang yang ingin menikmati panorama, langsung saja menuju puncak perbukitan Tanjung Bajau. Traveler harus berhati-hati karena jalanan berkelok dan mendaki. Pastikan kondisi kendaraan kamu prima untuk menanjak dan turunan.

Puncak Tanjung Bajau di SingkawangPuncak Tanjung Bajau di Singkawang Foto: (Syanti/detikcom)

Puncak ini bernama Rindu Alam. Terlihat beberapa gazebo tersedia di kawasan ini. Hamparan hijaunya Singkawang berpadu laut lepas membuat pemandangan di atas sangat epik!

Traveler tenang saja. Di puncak ini tanahnya cukup luas dan bisa parkir kendaraan dengan lega kok.

Ramai juga wisatawan yang datang ke sini. Ada yang bersama teman, bersama pasangan, liburan keluarga, bahkan ada yang melakukan foto prewedding di sini. Memang, pemandangan di sini memukau.

Puncak Tanjung Bajau di SingkawangPuncak Tanjung Bajau di Singkawang Foto: (Syanti/detikcom)

Sore semakin menjelang. Sang Mentari perlahan menuju ufuk timur. Suasana pun semakin dramatis dengan cahaya keorenan yang main lama main pudar.

Pengunjung yang datang pun tak ingin melewatkan momen ini dan mengabadikannya dengan kamera. Perlahan cahaya keorenan itu makin tenggelam di ujung laut.

Ah... begitu indah goresan tangan Tuhan di barat Tanah Borneo ini. Kamu kapan ke sini?

---


Ikuti terus jelajah Tapal Batas detikcom bersama BRI di tapalbatas.detik.com!

Simak video "Anak Senja, Ini Spot Cantik Menikmati Sunset di Barat Borneo"

[Gambas:Video 20detik]



(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA