Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Des 2020 05:32 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sudah Pernah Berkunjung ke Vihara Tertua di Singkawang?

Syanti Mustika
detikTravel
Kelenteng Tri Darma Bumi Raya Singkawang
Kelenteng Tri Darma Bumi Raya, kelenteng tertua di Singkawang (Syanti Mustika/detikTravel)
Singkawang -

Singkawang memang salah satu incaran wisatawan saat liburan ke di Kalimantan Barat. Di sana ada vihara tertua di Singkawang yang usianya lebih dari satu abad.

Kalimantan Barat mempunyai tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang salah satunya adalah PLBN Aruk. Untuk menuju ke Aruk, traveler bisa menempuhnya dari Pontianak dengan jalur darat. Waktu tempuhnya, lebih dari 7 jam.

Sepanjang perjalanan menuju Aruk, traveler bakal melewati kota-kota besar di Kalimantan Barat, salah satunya adalah Singkawang. Sempatkan singgah di sana dan berkunjung ke kelenteng tertua di Singkawang.

Namanya, Kelenteng Tri Darma Bumi Raya.

Menurut sejarahnya kelenteng ini dibangun pada tahun 1878. Kelenteng ini juga diyakini sebagai tempat peribadatan tertua umat Tri Darma di Singkawang.

Kelenteng Tri Darma Bumi Raya SingkawangKelenteng Tri Darma Bumi Raya Singkawang Foto: (Syanti/detikcom)

Beberapa waktu lalu tim Tapal Batas detikcom berkunjung ke kelenteng ini. Terlihat di depan kelenteng terdapat aturan yang mengacu para protokol kesehatan sebelum masuk ke dalam kelenteng. Pengunjung wajib mengenakan masker!

Siang itu panas cukup terik. Terlihat para penjaga kelenteng asyik dengan pekerjaannya masing-masing. Ada yang duduk di depan meja penjagaan sembari menulis dalam bahasa China. Juga ada yang sedang bersih-bersih.

Di depan kelenteng tertulis dengan jelas bahwa bangunan ini termasuk cagar budaya di Singkawang. Bangunan vihara ini tidaklah besar, namun dia menjadi tertua dan ikonik dengan Kota Singakawang.

Kelenteng Tri Darma Bumi Raya SingkawangKelenteng Tri Darma Bumi Raya Singkawang Foto: (Syanti/detikcom)

Biasanya, pada saat perayaan Cap Go Meh dan Imlek orang akan beramai-ramai datang ke vihara untuk sembahyang. Tak hanya warga Tri Darma saja yang meramaikan vihara, namun wisatawan yang antusias dengan perayaan Cap Go Meh pasti singgah di vihara ini.

Di bagian belakang vihara, kamu bisa melihat taman kecil dengan lukisan dinding. Lukisan ini menggambarkan para dewa yang diyakini oleh Tri Darma. Di samping bangunan vihara juga ada kolam kecil yang mempercantik keberadaan bangunan cagar budaya ini.

Kelenteng Tri Darma Bumi Raya SingkawangKelenteng Tri Darma Bumi Raya Singkawang Foto: (Syanti/detikcom)

Siapapun boleh saja berkunjung ke sini. Namun harus menjalani protokol kesehatan dan tidak mengganggu orang yang sembahyang.

Oh iya, di dekat vihara tertua di Singkawang itu juga ada kedai kopi yang terkenal lho di Singkawang. Namanya Kopi Tiam Rusen. Bisa nih kamu bersantai di sana setelah berkunjung ke vihara.

Simak video "Vihara Tri Darma Raya, Potret Toleransi di Singkawang"

[Gambas:Video 20detik]





---


Ikuti terus jelajah Tapal Batas detikcom bersama BRI di tapalbatas.detik.com!

(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA