Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Des 2020 09:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

11 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Wisatawan 2020

Puti Yasmin
detikTravel
Jakarta -

Salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia adalah pulau Lombok. Ada banyak tempat wisata di Lombok yang bisa dikunjungi para wisatawan di tahun 2020 ini. Apa saja?

Tempat Wisata di Lombok:

Lereng Gunung Rinjani menghadap Segara Anak11 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Wisatawan 2020 Foto: (Aldi Sanjaya Putra/d'Traveler)

Ikon wisata Lombok yang sangat dikenal adalah Gunung Rinjani. Lokasi ini memiliki pemandangan yang indah dengan gunung setinggi 3.726 mdpl dan asri.

Lokasi wisata ini berada di Lombok bagian Utara, tepatnya di Sembalun Lawang. Selain itu, ada beberapa destinasi di sekitar gunung Rinjani yang bisa dinikmati, seperti Joben Eco Park, Telaga Biru, hingga air terjun Mayung Polak.

Tak seperti pantai pada umumnya, pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda. Pantai ini berada di Desa Serokah, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur atau berjarak 82 km dari kota Mataram.

  • 3. Gili Nanggu

Gili Nanggu merupakan tempat wisata di Lombok Barat. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa pergi menuju Pelabuhan Lembar lebih dulu, kemudian naik perahu atau speedboat selama satu jam untuk sampai di lokasi.

Danau Segara Anak11 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Wisatawan 2020 Foto: (Yoseph Amada Novian/d'Traveler)

Lokasi tempat wisata di Lombok ini berada di sekitar gunung Rinjani. Danau ini memiliki keindahan alam yang tak kalah dari tempat lainnya karena air berwarna kebiru-biruan dan berkilau saat terkena sinar matahari.

Gili Trawangan merupakan pulau kecil di Lombok Utara. Di seputar kawasan ini para traveler bisa melakukan snorkeling, scuba diving bagi yang bersertifikat, bermain kayak, dan berselancar.

Pandemi COVID-19 sangat memukul sektor pariwisata di Gili Trawangan, NTB. Objek wisata favorit itu kini terlihat sepi.Gili Trawangan Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

Bagi yang enggan bermain air, Anda dapat pula berkuda, bersepeda, atau naik delman mengelilingi pulau kecil ini.

Gili Trawangan juga punya keistimewaan lain. Di sini Anda bisa menikmati sunset dan juga sunrise. Hal ini dimungkinkan karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh.

Bukit Merese, Lombok11 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Wisatawan 2020 Foto: A Endin Yoga Pradana/d'Traveler

Tempat wisata di Lombok selain pantai adalah bukit Merese. Lokasi yang berada di lombok Tengah ini dapat memanjakan mata pengunjung karena bisa melihat hamparan laut dari ketinggian.

pohon cinta desa sade11 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Wisatawan 2020 Foto: (Syanti Mustika/detikcom)

Lombok tak melulu soal pantai, kalian para wisatawan juga bisa menikmati keindahan desa Sade yang berada di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Desa ini memiliki bangunan rumah adat yang masih terbuat dari kayu, bambu, hingga alang-alang kering.

Uniknya, masyarakat yang tinggal di rumah tersebut adalah orang asli desa Sade. Mereka diketahui melakukan pernikahan antar saudara agar masih dalam satu keturunan.

  • 8. Tetebatu

Tempat wisata di Lombok Timur ini juga dikenal sebagai Ubud-nya Lombok. Sebab, pengunjung bisa menikmati hamparan bukit serta sawah hijau seperti di Ubud, Bali.

Air Terjun Tiu Kelep11 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Wisatawan 2020 Foto: (Afif Farhan/detikTravel)

Tiu Kelep juga dikenal sebagai Air Terjun Terbang. Wisata ini berada di Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara atau 2 jam perjalanan dari Senggigi.

  • 10. Bukit Malimbu

Bukit MalimbuPantai Senggigi dari Bukit Malimbu Foto: (Shafa/detikTravel)

Kamu yang berburu pemandangan sunset cantik di Lombok wajib ke Bukit Malimbu. Konon di sinilah spot terbaik untuk menikmati sunset di Lombok.

Bukit Malimbu adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset saat berada di Lombok.Terletak sekitar 24 km dari Kota Mataram, bukit ini dapat kita tempuh dalam waktu sekitar 30 - 45 menit.

Ada 2 pilihan tempat untuk menikmati sunset, yang pertama di sebelah barat jalan raya, berupa parkiran sepanjang sekitar 150 m dengan sisi selebar 2 m dan memiliki pemandangan langsung ke tebing yang diberi pagar pembatas sebagai pengaman bagi pengunjung.

Spot yang lain ada di sebelah timur jalan raya, berupa bukit yang lumayan luas dengan beberapa pohon kelapa di sudutnya. Masing-masing tempat menyajikan pemandangan matahari terbenam yang sama indahnya.

Jika kita menikmati sunset dari bukit ini, kita dapat duduk dengan santai karena tempat yang lumayan luas. Berbeda dengan tempat yang langsung menghadap tebing, kita hanya dapat berdiri sepanjang pagar pembatas.

Saat menanti matahari terbenam kita juga dapat menikmati pemandangan laut lepas yang indah, dengan Pantai Senggigi di kejauhan serta Gili Trawangan dan Gili Meno di bagian lain (jika cuaca sedang cerah).

  • 11. Goa Bangkang

Goa Bangkang menjadi wisata tersembunyi di Lombok. Untuk mengunjungi lokasi ini, pengunjung bisa ke Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Bahkan, sebelum sampai di tempat wisata di Lombok ini, wisatawan bisa menikmati Pantai Kuta Lombok dan Are Guling karena lokasinya yang berdekatan.

Selamat berlibur!

(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA