Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Des 2020 13:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cerita ABG Suku Dayak yang Termotivasi Ayah dan Belajar dari YouTube

Syanti Mustika
detikTravel
Sape merupakan alat musik tradisional Suku Dayak Kalimantan. Alat musik yang terbuat dari kayu ini dimainkan dengan cara dipetik.
Foto: Rengga Sancaya
Sambas -

Semua orang harus punya mimpi, termasuk anak-anak Suku Dayak yang berada di perbatasan. Mereka ada yang ingin jadi seniman dan memperkenalkan budayanya.

Namanya Gregorius Gero, pemuda yang sekarang sedang duduk di bangku 3 SMA. Tangannya begitu lihai memainkan sape, alat musik tradisional Suku Dayak. Lantunan melodi yang dia petikan begitu enak didengar, menemani siang yang cukup panas saat itu.

"Aku telah belajar memainkan sape di 2 tahun terakhir ini. Belajar sendiri," ungkap Gero saat ditanyai kapan pertama kali dia belajar sape.

Gero pun bercerita bahwa dia tidak hanya bisa memainkan sape saja. Dia juga handal dalam memetik gitar, bermain orgen dan bernyanyi.

"Aku juga bisa bermain gitar, orgen, dan bernyanyi," katanya.

Sape merupakan alat musik tradisional Suku Dayak Kalimantan. Alat musik yang terbuat dari kayu ini dimainkan dengan cara dipetik.Gero yang memainkan sape Foto: Rengga Sancaya

Ketertarikan Gero tentang dunia seni ternyata dipengaruhi oleh sang ayah. Karena sering melihat ayahnya beraktifitas di bidang seni dan budaya, Gero pun tertarik dan mulai mempelajari."Mula tertarik itu karena melihat bapak. Jadi mulailah pelan-pelan belajar.

Tidak ada yang memaksa, memang ingin sendiri belajar," ungkap Gero.Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Gero. Tak hanya memainkan alat musik, dia juga bisa mengukir dan membuat aneka cendera mata khas Dayak.

"Aku juga bisa mengukir. Ini sarung mandau dan perisai mini aku yang ukir. Aku belajar ngukir semenjak kelas 2 SMP. Selain itu, aku membuat gelang, mainan kunci dan patung mini juga," lanjutnya.

Sape merupakan alat musik tradisional Suku Dayak Kalimantan. Alat musik yang terbuat dari kayu ini dimainkan dengan cara dipetik.. Foto: Rengga Sancaya

Selanjutnya: Harapan Anak Suku Dayak

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kisah Petani di Perbatasan Aruk yang Kini 'Merdeka'"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA