Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Des 2020 06:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Wisata Alam Terbaik Banyuwangi Buat Libur Akhir Tahun

Caroline Pan
detikTravel
Burung merak melintas di padang sabana Bekol di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (22/6). Kawasan yang memiliki luas 25 ribu hektar tersebut memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, 155 jenis burung dan terdapat lokasi wisata bahari serta lokasi pengamatan burung migran. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pd/18
Saba Bekol, Taman Nasional Baluran (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta -

Banyuwangi, kabupaten yang terletak di ujung Jawa Timur itu, memiliki keindahan wisata alam. Berikut empat tempat wisata Banyuwangi yang menjadi primadona wisatawan.

Ada berbagai destinasi wisata alam terbaik di sana, dimulai dari gelombang laut terbaik kedua dunia di Pantai Plengkung yang mampu menyaingi Hawaii di posisi pertama.

Mendekati liburan akhir tahun, Banyuwangi cocok dijadikan lokasi liburan dengan orang terdekat.

Untuk traveler pecinta hewan dan alam, ini rekomendasi tempat wisata Banyuwangi:

Tukik Penyu Dilepas di Pantai SukamadeTukik penyu dilepas di Pantai Sukamade, Banyuwangi (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)

1. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade yang berada di Taman Nasional Meru Betiri bisa menjadi tempat wisata yang paling berkesan. traveler dan keluarga dapat melihat kehidupan beragam jenis penyu di habitatnya. Bahkan, traveler bisa melihat fenomena penyu yang sedang bertelur Pantai Sukamade.

Kecantikan alam Pantai Sukamade pasti lengkap karena traveler dapat melihat penyu di sana.

Hutan De Djawatan BanyuwangiHutan De Djawatan Banyuwangi Foto: Esti Widiyana/detikcom

2. Hutan De Djawatan

Pernah nonton Lord of the Rings? Atau ingin merasakan suasana Hutan Fangorn?

Hutan De Djawatan bisa menjadi calon destinasi wisata traveler di Banyuwangi! Memasuki lokasi wisata ini, traveler akan langsung menemukan rumput hijau dan pohon trembesi tinggi yang sangat tua.

traveler bisa datang untuk sekadar jalan-jalan, berpiknik, naik delman, bahkan rafting (tentunya dengan biaya tambahan).

Burung merak melintas di padang sabana Bekol di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (22/6). Kawasan yang memiliki luas 25 ribu hektar tersebut memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, 155 jenis burung dan terdapat lokasi wisata bahari serta lokasi pengamatan burung migran. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pd/18Burung merak melintas di padang sabana Bekol di Taman Nasional Baluran (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

3. Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Lokasi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan konsep Pantai Sukamade, pengunjung bisa menyaksikan langsung kehidupan hewan di alam liar. Berbagai macam hewan dalam di TN Baluran Dalam ekosistem asli kawasan ini, traveler bisa bertemu banteng, rusa, sampai ular di tempat ini. Konsep yang disajikan oleh lokasi wisata ini adalah padang savana, pemandangan yang jarang dapat ditemukan di kota padat penduduk.

Untuk memasuki destinasi wisata ini pada masa pandemi, traveler perlu booking tiket masuk dan melakukan rapid test bagi WNA dan penduduk luar Jawa Timur.

Taman Nasional Alas PurwoTaman Nasional Alas Purwo (Foto: Putri Akmal/detikcom)

4. Taman Nasional Alas Purwo

Taman nasional selanjutnya yang dapat dijadikan destinasi wisata traveler adalah TN Alas Purwo. Di sini lokasi pantai dengan gelombang terbaik tiga besar di dunia, Pantai Plengkung. Selain itu, terdapat juga Pantai Trianggulasi, Savana Sadengan, Pura Luhur Giri Salaka, Ngagelan, Bedul, Cungur, Pancur.

Tidak hanya itu, Makam Gandrung, Wisata Goa, Kayu Aking, dan Perpat menjadi bagian lokasi wisata dari kawasan taman nasional di Banyuwangi ini. traveler dapat berselancar, trekking, bird-watching, melihat satwa, bersepeda, memancing, dan menikmati peninggalan sejarah di dalamnya.



Simak Video "Buah Pala, Rempah dengan Wangi Eksotis Khas Nusantara, Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA